Sambut Lebaran, Ratusan Posko di Jateng Telah Disiapkan

MENERANGKAN: Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo Nugroho saat memberikan keterangan pada awak media, Rabu (20/4). (Dok. Polda Jateng/Lingkarjateng.id)

MENERANGKAN: Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo Nugroho saat memberikan keterangan pada awak media, Rabu (20/4). (Dok. Polda Jateng/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah akan menyiapkan ratusan posko keamanan, pelayanan dan fasilitas vaksinasi di rest area tipe A untuk menyambut mudik lebaran tahun 2022.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo Nugroho mengatakan, menyambut mudik lebaran pada tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan ratusan posko keamanan dan pelayanan yang akan ditempatkan di setiap rest area tol ataupun non tol.

“Kalau posko keamanan dan pelayanan ada 251 posko seluruh Jawa Tengah terutama nanti kita tempatkan di rest area yang di tol dan juga di non tol juga tempat-tempat tertentu yang strategi untuk antisipasi arus lalu lintas,” kata Agus, melalui sambungan telepon, Rabu (20/4).

Pemkot Semarang Siapkan Vaksin Booster bagi Pemudik

Tak hanya posko saja, Agus menyampaikan Polda Jateng juga akan menyiapkan fasilitas vaksinasi yang akan disediakan di setiap rest area tipe A yang ada di wilayahnya.

“Di rest area tipe A nanti, kita akan siapkan fasilitas pelayanan vaksinasi. Masyarakat boleh singgah di situ untuk vaksin. Rest area tipe A di Jateng ada 8, salah satunya itu khusus untuk pelayanan vaksinasi yang disiapkan Polda Jawa Tengah,” jelas dia.

Dengan adanya pelayanan fasilitas vaksinasi, dia menegaskan tidak akan memberhentikan atau pun memeriksa para pengemudi yang belum melakukan vaksinasi booster. Tetapi dengan adanya vaksinasi tersebut, juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya melakukan vaksinasi tahap ketiga.

Hadapi Mudik, Basarnas Siapkan Ribuan Personel dan 5 Helikopter

Lebih lanjut, Agus juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada tahun ini, untuk bisa lebih mempersiapkan kendaraan atau kesehatan. Dia juga selalu mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Polda Jawa Tengah mengimbau kepada masyarakat untuk betul-betul mempersiapkan kondisi kesehatan mudik sehat dan mudik aman dengan mempersiapkan kendaraannya yang sesuai dengan keselamatan. Jadi, harus betul disiapkan, dicek betul dan juga jam istirahat juga harus dipersiapkan minimal 3 jam berjalan harus istirahat di rest area termasuk kontrol keselamatan kendaraannya jangan lupa juga prokes,” tutup dia. (Lingkar Network | Adhik Kurniawan – Koran Lingkar)