Salurkan Bantuan PIP, Ketua DPRD Kudus : Sudah cair dan tepat sasaran

Ketua DPC PDI Perjuangan Kudus sekaligus Ketua DPRD Kudus Masan berterima kasih atas bantuan PIP dari Puan Maharani.

PEDULI: Ketua DPC PDI P Kudus sekaligus Ketua DPRD Kudus Masan saat menyerahkan bantuan PIP secara simbolis kepada siswa di Balai Desa Medini, Undaan, Rabu (31/8)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan yang diusulkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharini. Penyaluran bantuan PIP ini guna mewujudkan adanya pemerataan pendidikan di Indonesia.

Puan Maharini merancang Program Indonesia Pintar (PIP) bagi para siswa yang kurang mampu. Program ini dicetuskan agar seluruh peserta didik di Indonesia bisa merasakan pendidikan yang layak.

Di Kabupaten Kudus sendiri, ada sebanyak 747 siswa yang menerima bantuan tabungan pendidikan tersebut. Para siswa yang menerima bantuan tersebut merupakan usulan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kudus.

Penyaluran bantuan PIP ini secara simbolis disalurkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan sekaligus Ketua DPRD Kudus Masan bersama dengan Bupati Kudus HM Hartopo di Balai Desa Mendini, Undaan, Rabu (31/8). Bantuan tersebut diberikan kepada para siswa yang memang membutuhkan tambahan biaya pendidikan.

Masan menjelaskan, program ini adalah bagian dari aspirasi Ketua DPR RI Puan Maharani. Program ini diharapkan mampu membantu pendidikan para siswa dari keluarga kurang mampu.

“Ini wujud bahwa Mbak Puan peduli terhadap lingkungan sampai dengan tingkat bawah. Alhamdulillah hari ini PIP di Kabupaten Kudus sudah cair dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Masan berterima kasih atas bantuan PIP dari Puan Maharani yang turut mencegah anak putus sekolah. Selanjutnya, Masan menyampaikan bahwa bantuan akan disalurkan melalui rekening sekolah.

Dirinya menjelaskan, bantuan ini diberikan kepada siswa dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. Dirincikannya, siswa SD sederajat menerima masing-masing sebesar Rp 450 ribu. Kemudian, siswa SMP sederajat menerima bantuan masing-masing sebesar Rp 750 ribu dan siswa SMA sederajat masing-masing menerima Rp 1 juta.

Sebagai informasi, sejumlah 568 siswa SD di Kudus menerima bantuan PIP. Kemudian, penerima bantuan PIP tingkat SMP dan SMA sederajat sejumlah 179 siswa.

“Para penerima merupakan siswa dari berbagai sekolah yang ada di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus,” ucapnya.

Pihaknya pun berharap bantuan ini bisa diteruskan setiap tahun. Mengingat, bantuan PIP ini sangat membantu masyarakat dari keluarga kurang mampu untuk memperoleh pendidikan yang merata. Menurutnya, masyarakat juga sangat mengapresiasi bantuan ini.

“Tentunya kami berharap program ini akan diteruskan setiap tahun. Masyarakat sangat mengapresiasi. Tadi juga ada penerima yang menyampaikan bahwa mendoakan Mbak Puan agar nanti menjadi Presiden di tahun 2024,” terangnya.

Masan menambahkan, rencananya juga akan ada program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Program ini akan menyasar peserta didik di jenjang S1.

“Jadi supaya dari SD, SMP, SMA hingga S1 itu bisa terbantu,” tandasnya. (Lingkar Network – Koran Lingkar)

Exit mobile version