Rp 430 Juta Digelontorkan untuk Percantik Tugu Adipura Rembang

LANDMARK: Tugu Adipura Rembang sedang direnovasi. (R Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

LANDMARK: Tugu Adipura Rembang sedang direnovasi. (R Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.idPemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang akan merubah tampilan Tugu Adipura tahun ini. Pagu anggaran yang disiapkan untuk mempercantik tugu adipura ini sebesar Rp 430 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TARU) Rembang, Gantiarto mengatakan Tugu Adipura yang terdapat tiga kapal itu akan tetap dipertahankan. Namun, tugu tersebut akan ditambah air mancur.

Keberadaan air mancur tentunya dapat memperindah Tugu Adipura. Selain itu air mancur juga memberikan kesan sejuk ketika melewati tugu tersebut. Tugu Adipura dengan air mancur juga akan semakin indah ketika di malam hari. Pasalnya, akan dipasang sejumlah lampu di bagian bawah.

“Lampu spot malam di bagian bawah menyorot ke atas. Ini masih proses lelang. Tahun ini pengerjaannya selesai,” terangnya Gantiarto, pada Senin, 29 Agustus 2022.

Jika ada penambahan spot air mancur, lebar tembok lingkaran tugu juga akan dipersempit. Sehingga, dapat menambah lebar jalan untuk kendaraan melintas.

Sementara itu, salah satu warga Kecamatan Lasem, Bestari Syam yang bekerja di Kabupaten Pati mendukung jika Tugu Adipura diberi air mancur. Terlebih tidak merubah bentuk lamanya dengan tiga kapal yang menjadi ciri khas Rembang.

“Kalau ada air mancur dan lampunya, kendaraan yang berhenti di lampu merah ‘kan sambil menunggu hijau bisa menikmati air mancurnya,” ungkapnya.

Adanya air mancur, menurutnya, bisa menyejukkan para pengendara yang melintas. Apalagi yang berhenti di tengah terik matahari dan angin laut yang panas di siang hari. (Lingkar Network | R Teguh Wibowo – Koran Lingkar)

Exit mobile version