Ribuan PNS Rembang Ikuti Uji CAT Potensi

Ribuan-PNS-Rembang-Ikuti-Uji-CAT-Potensi

PERSIAPAN: Pemerintah Kabupaten Rembang tengah memberikan arahan untuk para PNS Rembang yang akan melaksanakan tes potensi berbasis komputer. (R. Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id – Ribuan PNS Rembang mengikuti tes penilaian potensi berbasis komputer atau CAT (Computer Assisted Test) Potensi. Tes yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rembang ini bertempat di SMAN 1 Rembang dan digelar selama empat hari, yaitu tanggal 5 dan 6 Juli serta 12 dan 13 Juli 2022.

Afan Martadi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang mengatakan, tujuan diadakannya tes penilaian ini yakni, untuk memperoleh profil potensi PNS Rembang dan sebagai langkah awal mewujudkan manajemen talenta instansi dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Rembang. Selain itu, sebagai upaya penerapan sistem merit dalam manajemen ASN.

“Ini target kami dan sudah ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sistem merit itu target prioritas, setelah CAT Potensi kita akan benahi sistem kerjanya sehingga akan ada perpaduan antara potensi, kompetensi dengan kinerja dan ini berpengaruh terhadap jenjang karir,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama pukul 7.30 – 10.00 WIB, sesi kedua pukul 10.30 – 13.00 WIB, dan sesi ketiga mulai 13.30 – 16.00 WIB.

Peserta penilaian CAT potensi ini diikuti oleh 1.380 peserta. Namun, yang hadir sebanyak 1.374 orang dan ada 6 PNS Rembang yang berhalangan karena menunaikan ibadah haji.

“Mereka dijadwalkan mengikuti tes serupa dengan waktu yang belum diketahui di BKD Provinsi Jawa Tengah, ” imbuhnya.

Kepala Unit Penilaian Kompetensi BKD Provinsi Jateng, Raden Rara Utami Rahajeng menyebut, peserta CAT Potensi di Rembang terbanyak se Jawa Tengah tahun ini, yakni sebanyak 6.000 orang. Hal itu menunjukkan komitmen Kepala Daerah di Rembang, dalam peningkatan SDM pemerintahan yang juga didukung oleh anggaran.

Raden Rara Utami menjelaskan, tes CAT Potensi ini meliputi tes psikologi melalui komputer yang mengukur aspek kemampuan berpikir, intrapersonal, interpersonal, potensi hambatan, potensi sikap kerja, dan integritas peran dalam kelompok.

“Sehingga manfaatnya itu untuk menyusun data base, sehingga Pak Afan tidak kesulitan memetakan posisi panjenengan itu di posisi kuadran yang mana. Kalau sudah bagus-bagus ya sudah tinggal lanjut ke asesment, tetapi kalau ada yang harus dipertimbangkan lagi berarti mengukur di kediklatannya, sehingga akan nyambung dan bersinergi,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz menuturkan, penilaian potensi berbasis komputer ini dapat menjadi sarana guna memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam birokrasi pemerintahan unggul. Harapan besarnya, ketika PNS dan pemerintahannya unggul, tentu dapat mendukung terwujudnya kemakmuran negara.

“Target dari sistem ini adalah kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Profil ini yang akan terus kita baca di dalam menempatkan, mengurus panjenengan (PNS) di dalam jajaran birokrasi Pemerintah Kabupaten Rembang,” ungkapnya. (Lingkar Network | R. Teguh Wibowo – Koran Lingkar)