Rayakan Idul Adha, Pemkab Jepara Kurban Sapi Seberat 427 Kg

Pemkab-Jepara-Kurban-Sapi-Seberat-427-Kg

SIMBOLIS: Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban Masjid Agung Baitul Makmur. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jepara menyerahkan satu ekor sapi dengan bobot 427 kg kepada panitia kurban Masjid Agung Baitul Makmur Jepara. Serah terima hewan kurban Pemkab Jepara ini dilakukan usai pelaksanaan sholat Idul Adha, Minggu (10/7). 

Edy Supriyanta mengaku bersyukur tahun ini bisa melakukan sholat Idul Adha dan berkurban bersama dengan masyarakat. Sebab, sudah dua tahun ini kegiatan tersebut dilakukan secara terbatas.

Alhamdulilah, kita bisa kembali bersama-sama melakukan sholat ied dan menyerahkan hewan kurban. Semoga semua ini bisa bermanfaat bagi kita semua,” kata Edy Supriyanta.

Terkait dengan adanya penyakit mulut dan kuku yang akhir-akhir ini menyerang hewan ternak, dirinya meminta kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir lantaran kini sudah bisa dikendalikan. Hewan yang digunakan untuk kurban semuanya sudah mendapatkan surat keterangan sehat dan layak digunakan sebagai hewan kurban.

Alhamdulilah, PMK sudah mulai turun dan bisa dikendalikan. Insya Allah, hewan kurban yang beredar sudah aman dan bisa dimanfaatkan sebab sudah ditangani dengan baik sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” jelas Pj Bupati Jepara.

Sementara itu, Panitia Kurban Masjid Baitul Makmur, Setyanto mengungkapkan jika tahun ini pihaknya menerima 15 hewan kurban. Masing-masing yakni 11 ekor sapi dan 4 ekor kambing. 

“Jajaran pejabat di Jepara menitipkan 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing, 1 sapi dari Unisnu dan sisanya dari masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Totok ini.

Hewan kurban yang dititipkan di Masjid Agung ini semuanya disembelih pada hari Minggu ini (10/7). Daging kurban, lanjutnya, akan didistribusikan kepada warga sekitar masjid, warga yang berhak menerima dan kelompok masyarakat yang sebelumnya telah mengajukan.

“Semuanya kita sembelih dan didistribusikan hari ini kepada mereka-mereka yang sudah kita tentukan,” tandasnya. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version