Promosi Sport Tourism, Kendal Berkuda Bupati Cup 2022 Diikuti 140 Atlet

BERKUDA: Salah satu atlet berkuda kategori HBA mengikuti Kendal Berkuda Bupati Cup 2022 di Destinasi Wisata Santosa Stable Desa Laban, Kecamatan Boja Kabupaten Kendal pada Minggu, 20 November 2022. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

BERKUDA: Salah satu atlet berkuda kategori HBA mengikuti Kendal Berkuda Bupati Cup 2022 di Destinasi Wisata Santosa Stable Desa Laban, Kecamatan Boja Kabupaten Kendal pada Minggu, 20 November 2022. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Sebanyak 140 atlet equestrian atau atlet berkuda dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Kendal Berkuda Bupati Cup 2022 yang digelar selama dua hari, 19 – 20 November 2022 di Destinasi Wisata Santosa Stable Desa Laban, Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Ketua Penyelenggara Kendal Berkuda Bupati Cup 2022 sekaligus Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid, menyampaikan bahwa kegiatan berkuda ini baru pertama kalinya digelar di Kendal. Meski begitu antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan olahraga ini sangat tinggi.

Event berkuda berskala nasional ini baru kali pertama digelar di Kendal, namun animonya lumayan cukup banyak setidaknya ada 140 atlet yang berpartisipasi dalam kegiatan Kendal Berkuda Bupati Cup 2022,” ujarnya, pada Minggu, 20 November 2022.

Ada tiga kategori yang dilombakan dalam event Kendal Berkuda ini yakni, Horse Back Archery (HBA) senior yang diikuti 10 peserta, equestrian yang terdiri dari dua kelas yaitu jumping 67 peserta dan dressage 63 peserta.

“Untuk pesertanya berasal dari Palembang, Bali, Yogjakarta, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berharap melalui penyelenggaran event berkuda ini bisa memberikan dampak yang positif terutama potensi wisata sport tourism yang terus digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal.

“Dengan adanya event berkuda tingkat nasional ini tentunya berdampak positif. Salah satunya membuat masyarakat dari luar daerah mengetahui potensi wisata apa saja yang ada di Kendal, sehingga bisa menghidupkan sektor wisata,” ucap Bupati Dico.

Menurutnya, event tingkat nasional yang kerap diselenggarakan di Kendal dapat menjadi sarana promosi bahwa Kabupaten Kendal memiliki banyak potensi wisata dan bertema olahraga.

“Dan di setiap event yang telah berlangsung, kita juga selalui melibatkan UMKM. hal ini juga sebagai wujud dukungan pemerintah daerah dalam mempopulerkan produk asli Kendal,” ujarnya.

Ditemui terpisah, atlet berkuda dari Depok Jawa Barat, Azwariansah mengaku bersyukur manjadi juara pertama di Kendal Berkuda kategori HBA. Dirinya berharap dengan kegiatan olahraga ini makin banyak atlet yang menggeluti olahraga berkuda ini.

InsyaAllah makin banyak teman-teman yang menggeluti olahraga ini. Event yang digelar di Kendal ini terbilang sukses karena ini baru pertama kali digelar di Kendal,” ungkapnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

Exit mobile version