Pj Bupati Jepara Harap Pameran UMKM Mampu Tumbuhkan Ekonomi Lokal

Pj Bupati Jepara Harap Pameran UMKM Mampu Tumbuhkan Ekonomi Lokal

POTONG PITA: Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta saat menggunting pita sebagai tanda dibukanya Pameran UMKM. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta membuka Pameran Karya dan Gelar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jepara tepatnya berada di Jalan Kartini, belum lama ini.

Pameran tersebut menjadi kegiatan pembuka dalam Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022. Prosesi pembukaan ditandai dengan pemotongan pita oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta. Pameran ini akan berlangsung hingga 22 Agustus 2022.

Pj Bupati Jepara mengungkapkan bahwa, dalam pameran ini diikuti oleh 290 pelaku UMKM. Dirinya berharap, melalui pameran pengusaha pada sektor UMKM dapat semakin maju, kreatif, dan inovatif.

“Festival ini harapannya menjadi momentum untuk mengangkat ekonomi lokal khususnya sektor UMKM,” kata Pj Bupati Jepara.

Menurutnya, ajang yang tersaji kali ini menjadi kesempatan bagi UMKM untuk melakukan promosi. Usai membuka, Pj Bupati Jepara juga mengajak para pimpinan perangkat daerah untuk memborong dagangan di sepanjang Jalan Kartini.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama melariskan produk UMKM kita. Dengan begitu, maka ekonomi kita perlahan akan bangkit dan maju kembali pasca pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskop UKM nakertrans) Kabupaten Jepara, Samiaji mengatakan bahwa dalam pameran UMKM ini melibatkan para pelaku UMKM dari Kabupaten Jepara.

“Total ada 120 stand yang terdiri dari 70 stand dari paguyuban Mangunsarkoro Street dan 50 stand dari Diskop UKM nakertrans dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jepara,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, untuk mengantisipasi jumlah peserta yang membludak, pihak panitia memaksimalkan stand atau tenda jualan yang diisi tiga peserta pameran UMKM.

“Untuk kali ini, peserta tidak dipungut biaya tapi malah mendapatkan voucher dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara sebesar Rp 500 ribu sebagai tambahan modal,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut diserahkan bantuan dana sosial Bank Jateng kepada Pemkab Jepara sebesar Rp 176 juta guna pembelian produk UMKM. Usai peresmian, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama jajaran Forkopimda dan para pimpinan Perangkat Daerah mengunjungi stand yang ada di pameran tersebut. (Lingkar Network | Muclichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version