Peringati HKGN di Salatiga, Ratusan Siswa SD Gosok Gigi Bersama

Peringati HKGN di Salatiga, Ratusan Siswa SD Gosok Gigi Bersama

ANTUSIAS: Ratusan siswa SD di Salatiga melakukan gosok gigi bersama dalam rangka memperingati HKGN di Salatiga. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id Sebanyak 500 siswa Sekolah Dasar (SD) di Salatiga memperingati puncak Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) di SD Kalibening pada Senin, 12 September 2022. Kegiatan ini diprakarsai oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Salatiga.

Pada puncak HKGN di Salatiga, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Salatiga, Budi Wibowo mengajak para siswa untuk rajin gosok gigi. Ia mengatakan, jika gosok gigi sudah menjadi kebiasaan, maka ketika tidak gosok gigi seperti ada yang hilang.

Ia juga meningatkan kepada para siswa, bahwa gosok gigi tidak hanya dilakukan setelah makan saja, melainkan juga setelah menikmati camilan.

“Om dokter kemana-mana selalu bawa sikat gigi, karena tidak hanya sehabis makan saja gosok gigi. Kadang selain makan, kita juga ngemil lalu gosok gigi lagi,” ujar Budi Wibowo.

Ia menjelaskan, proses kerusakan gigi terjadi pada malam hari waktu tidur. Sebab itu, sebelum tidur harus gosok gigi.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi juga meminta para siswa mengingatkan orang tuanya yang malas gosok gigi sebelum tidur.

“Habis makan sangat bagus kemudian lakukan gosok gigi. Kalau ada orang tuanya jarang gosok gigi, agar diingatkan ya,” kata Sinoeng.

Salah satu siswa SD Gendongan Salatiga, Azar Tito Prasetya mengaku senang bisa ikut acara gosok gigi bersama. Ia pun mengaku bahwa, dirinya sudah tahu cara gosok gigi yang benar dari kartun di televisi serial Upin Ipin. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version