Peringati Haul Kyai Surgi, Pemkab Batang Akan Gelar Kirab Merah Putih

RAPAT: Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki (tengah dalam acara rencana penyelenggaraan Kirab Merah Putih Haul Kyai Surgi pada Kamis, 2 Februari 2023. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

RAPAT: Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki (tengah dalam acara rencana penyelenggaraan Kirab Merah Putih Haul Kyai Surgi pada Kamis, 2 Februari 2023. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

BATANG, Lingkarjateng.idPemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang akan menggelar Kirab Merah Putih dalam rangkaian memperingati haul Mbah Kiai Surgi pada 25 Februari 2023. Pelaksanaan kirab ini rencananya akan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan.

Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, mengatakan bahwa pada kegiatan kirab merah putih tersebut pihaknya akan melibatkan ribuan orang terdiri atas sejumlah organisasi masyarakat, TNI, Polri, pelajar, dan aparatur sipil negara (ASN).

“Kirab merah putih akan kami lepas pada pukul 13:00 WIB, kemudian langsung menuju makam Mbah Kiai Surgi di Desa Pasekaran, Kecamatan Batang,” katanya, pada Kamis, 2 Februari 2023.

Peserta Kirab Merah Putih akan menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer. Perjalanan dimulai dari  pendopo Kabupaten Batang menuju Jalan Veteran, Jalan R.A. Kartini, Jalan Achmad Yani, Jalan Pemuda, dan menuju makam Mbah Kiai Surgi.

Lani menyampaikan bahwa kegiatan Kirab Merah Putih ini merupakan inisiatif dari ulama kharismatik, Habib Lutfi bin Yahya.

“Konsep kirab masih kami kolaborasikan dengan konsep yang sudah dimiliki oleh panitia haul. Yang jelas kegiatan ini akan meriah,” ujarnya.

Menurut dia, kirab merah putih ini sebagai bentuk wujud semangat Negara Kesatuan RI sampai mati menjelang tahun politik.

“Oleh karena itu, mari terus menjaga wilayah Kabupaten Batang agar aman dan nyaman untuk masyarakat,” pungkasnya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version