Peringati Harkitnas, Bupati Kendal Ajak Masyarakat Bangkit Lebih Baik

SEREMONI: Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat memimpin upacara Peringatan Harkitnas dan Kearsipan Nasional 2023 di Alun-alun Kendal pada Senin, 22 Mei 2023. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

SEREMONI: Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat memimpin upacara Peringatan Harkitnas dan Kearsipan Nasional 2023 di Alun-alun Kendal pada Senin, 22 Mei 2023. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 dan Hari Kearsipan Nasional ke-52 Tahun 2023 di Alun-Alun Kabupaten Kendal pada Senin, 22 Mei 2023.

Upacara diikuti Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Forkopimda, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-Kabupaten Kendal, perwakilan TNI dan Polri, perwakilan siswa, Organisasi Kemasyarakatan, dan Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Kendal.

Sementara itu Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto bertindak sebagai inspektur upacara. Pada kesempatan ini ia mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai dan memperingati Harkitnas dengan terus berjuang, terus belajar, tumbuh, dan melangkah maju dengan semangat untuk bangkit lebih baik lagi.

“Selain itu, saya juga ucapkan selamat Hari Kearsipan ke-52 tahun 2023, dan diharapkan menjadi momentum penguatan kembali seluruh entitas kearsipan di Kendal untuk berkolaborasi agar penyelenggaraan kearsipan daerah Kabupaten Kendal semakin berkualitas, sehingga mendorong pemanfaatan bidang kearsipan bagi masyarakat Kabupaten Kendal,” tuturnya.

Menurut Bupati Dico, generasi penerus bangsa wajib untuk bisa terus melanjutkan nilai-nilai perjuangan dari para pejuang yang telah mewariskan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia.

“Bahwa semua harus bersyukur berkat perjuangan para pendahulu founding father yang telah berhasil meraih kemerdekaan bangsa ini. Sehingga seluruh masyarakat bisa bersama-sama merasakan kebebasan kemerdekaan yang ada di Indonesia,” imbuhnya.

Bupati Dico juga mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri yang sudah bekerja bersama dan bersinergi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan baik.

“Sebagai jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal dan stakeholder terkait, kita harus bisa bersama-sama melanjutkan perjuangan. Kita harus berpikir secara kritis dan memastikan apa yang kita lakukan benar-benar untuk kemajuan Kabupaten Kendal dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kendal,” tegasnya.

Pihaknya meminta kepada seluruh jajaran dan seluruh elemen masyarakat, agar menjauhkan kepentingan pribadi, menjauhkan kepentingan golongan ke depankan, dan utamakan kepentingan masyarakat untuk kemajuan bangsa dan negara.

Usai upacara, Bupati Dico juga meninjau pelaksanaan Layanan Duplikasi Arsip Keluarga (Siaga) yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Kendal. 

Inovasi layanan Siaga merupakan layanan yang diberikan kepada masyarakat yang ingin menyimpan atau menduplikasikan arsip keluarga yang dimiliki agar aman tersimpan di Depo Kearsipan Daerah.

Bagian Sub Koordinasi Pelayanan Kearsiapan Dinarpus Kendal, Siti Muasaroh, menjelaskan dengan adanya pelayanan tersebut diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan arsip pribadi.

“Dengan menyimpannya di Depo Arsip milik pemerintah, sehingga jika sewaktu-waktu dokumen asli hilang maka salinannya masih bisa ditemukan di Lembaga Kearsipan Daerah,” ujarnya.

Dia menyebut, antusiasme masyarakat cukup tinggi pada layanan siaga kali ini. Masyarakat hadir secara langsung membawa berkas arsip yang akan dialihmediakan, seperti KTP, STNK, KK, SIM, Buku Nikah, Sertifikat, dan lain sebagainya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Layanan Siaga semakin dikenal dan antusiasme masyarakat akan semakin meningkat,” harap Siti Muasaroh. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

Exit mobile version