Penempatan Pedagang Pasar Kreatif Lasem Rembang akan Pakai Sistem Zonasi

SOSIALISASI: Ratusan pedagang mengikuti sosialisasi penempatan Pasar Kreatif Lasem pada Selasa, 20 September 2022. (R Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

SOSIALISASI: Ratusan pedagang mengikuti sosialisasi penempatan Pasar Kreatif Lasem pada Selasa, 20 September 2022. (R Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinindagkop UMKM) Kabupaten Rembang menggelar sosialisasi penempatan pedagang di Pasar Kreatif Lasem pada Selasa, 20 September 2022.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di ruang serba guna lantai 3 Pasar Kreatif Lasem itu dilakukan agar tidak terjadi salah paham terkait penempatan pedagang karena tidak lama lagi para pedagang akan menempati 137 kios yang saat ini sudah siap.

Kepala Dinindagkop UMKM Kabupaten Rembang, Mahfudz menuturkan bahwa sosialisasi itu penting dilakukan untuk menyampaikan mekanisme pengembalian pedagang yang sudah memiliki kartu tanda dagang (kartadag) ke Pasar Kreatif Lasem. Pasalnya, seluruh pedagang saat ini ingin menempati lantai 1.

Melalui sosialisasi itu para pedagang diberi pemahaman bahwa Pasar Kreatif Lasem dibuat sistem zonasi. Dimana lokasi para pedagang ditentukan berdasarkan jenis jualan dan tingkatan partisipasi dengan memberi kontribusi dalam pembangunan melalui Keputusan Bupati tahun 1996 lalu.

 “Ada yang klasifikasi A itu dulu menyumbang Rp 8 juta, klasifikasi B Rp 7 juta dan C Rp 6 juta. Juga ada pedagang yang tidak berkontribusi, artinya dia langsung menempati dan membayar retribusi sewa,” jelas dia.

Berpedoman pada data tersebut, para pedagang nantinya akan mengikuti undian berdasarkan kelompok jenis dagangan dan klasifikasi untuk menempati kios. Misalnya pedagang dengan klasifikasi A akan mengambil undian bersama pedagang klasifikasi A lainnya yang memiliki dagangan yang sejenis.

“Mungkin untuk klasifikasi A ini ada nilai lebih, mungkin lokasinya agak di depan, agak strategis dan seterusnya. Jadi (klasifikasi) A akan bertaruh dengan (klasifikasi) A sesuai dengan zonasi. Misalnya di konveksi, kita akan kelompokkan,” terangnya.

Pengundian penempatan pedagang, lanjutnya, dilakukan sesuai kesepakatan para pedagang yang akan dilakukan pada Rabu, 21 September 2022.

Dari jumlah 143 kios yang tersedia di Pasar Kreatif Lasem, nantinya akan menyisakan 6 kios yang rencananya ditempati oleh forum UMKM, Dekranasda, takmir masjid dan fasilitasi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

“Sementara untuk pedagang sudah sesuai dengan jumlah kios yaitu 137. Nanti sisanya untuk forum UMKM dan Dekranasda itu 2 kios. Kemudian takmir masjid 1 kios dan sisanya 3 kios akan digunakan untuk BUMN atau BUMD,” pungkasnya. (Lingkar Network | R Teguh Wibowo – Koran Lingkar)

Exit mobile version