Pemkot Salatiga Siap Dukung dan Fasilitasi Pelaku UKM

Pemkot Salatiga Siap Dukung dan Fasilitasi Pelaku UKM

MENCOBA: Pj Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi mencoba salah satu produk UKM Salatiga. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id Penjabat (Pj) Walikota Salatiga, Sinoeng Nugroho Rachmadi meminta pelaku UKM (usaha kecil menengah) menjaga kepercayaan konsumen jika ingin usaha tetap eksis dan maju. Penegasan tersebut diungkapkan saat membuka Pelatihan Pemasaran Online UKM oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Salatiga di Le Beringin Hotel, Salatiga pada Selasa, 20 September 2022.

“Anda buktikan dulu ada usaha apa, akses market benar tersedia maka akan mudah akses permodalan. Jagalah kepercayaan konsumen,” ungkap Sinoeng Nugroho Rachmadi.

Terkait permodalan, Sinoeng mengungkapkan agar pelaku UKM bisa meyakinkan kepada lembaga keuangan. Bila diberikan dana, maka pelaku UKM mampu menambah sumber daya manusia dan produksi.

“Kalau hanya ingin sensasi dalam usaha, maka anda akan ditinggalkan,” katanya kepada pelaku UKM.

Mengenai kompetitor, diharapkan pelaku UKM justru bisa memanfaatkan untuk tolok ukur usaha. Menurutnya, produk bisa dinilai baik kalau ada pembandingnya (kompetitor).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kota Salatiga, Rochadi menjelaskan pelatihan pemasaran online bagi UKM ini merupakan sub kegiatan fasilitasi usaha mikro menjadi usaha kecil dalam pengembangan produksi dan pengolahan, pemasaran, SDM serta desain dan teknologi.

“Jumlah peserta 25 pelaku UKM. Pemateri dari bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Jawa Tengah. Kemudian juga dari pelaku UKM yang sukses, yakni Naruna Keramik Salatiga,” kata Rochadi. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version