Pemkab Pati Luncurkan Aplikasi LaporBupPati, Permudah Warga Sampaikan Aduan

Permudah Aduan Masyarakat Diskominfo Pati Luncurkan LaporBupPati lingkarjateng.id

ILUSTRASI : Beberapa portal media sosial LaporBupPati yang diluncurkan oleh Diskominfo Pati - Lingkarjateng.id

PATI, Lingkarjateng.idDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pati belum lama ini meluncurkan aduan berbasis online yaitu LaporBupPati, pada Senin, 29 Agustus 2022. Inovasi aplikasi terbaru tersebut, diakui berguna untuk mempermudah penyampaian aduan masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto mengatakan, peluncuran aduan berbasis online tersebut sesuai dengan instruksi Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro saat apel pertama kalinya beberapa waktu lalu.

 Dengan adanya sistem aduan online, lanjut Ratri, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Pati untuk menyampaikan keluh kesah serta aduan kepada pemkab.

“Mulai kemarin sudah mulai ada aduan yang cukup banyak dari masyarakat. Sehingga, dengan adanya LaporBupPati ini bisa menampung keluhan dari masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya pun akan senantiasa siaga menanggapi berbagai aduan masyarakat yang masuk ke sistem LaporBupPati. Kemudian, akan diteruskan ke OPD-OPD terkait ataupun ke Pemkab Pati.

Kehadiran LaporBupPati merupakan pengembangan dari sistem Teras Aduan yang selama ini sudah dikembangkan oleh Diskominfo. Ditambah penambahan fitur nomor WhatsApp akan semakin memudahkan masyarakat Pati untuk melapor.

“Aplikasi itu adalah pengembangan dari Teras Aduan yang sudah jalan, ini kita kembangkan. Kalau dulu itu hanya berbasis sosmed saja. Akan tetapi, saat ini ada tambahan yakni nomor WhatsApp. Sebelumnya hanya IG (Instagram), FB (Facebook), Twitter, dan web,” tuturnya.

ILUSTRASI: Beberapa kanal aduan masyarakat dalam aplikasi LaporBupPati yang diluncurkan oleh Diskominfo Pati. (Dok. Diskominfo Pati/Lingkarjateng.id)

Berikut adalah beberapa alamat portal aduan berbasis medsos LaporBupPati :

  1. Instagram : laporbup.pati
  2. Facebook : Lapor Bupati Pati
  3. Twitter : @LaporBupPati
  4. Whatsapp : 08112660295
  5. Email : laporbup@patikab.go.id

Lebih lanjut, pihaknya berharap, dengan adanya LaporBupPati ini bisa membantu masyarakat dalam pengaduan segala aspek. Mulai dari infrastruktur, lingkungan, kesehatan, pendidikan,  sosial kemasyarakatan, dan lainnya. Serta, dapat membantu kinerja Pj Bupati Pati yang baru dalam mengemban tugas selama kurang lebih dua tahun mendatang. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version