Pemkab Jepara Tambal Darurat Jembatan Kalitempur yang Berlubang

Pemkab-Jepara-Tambal-Darurat-Jembatan-Kalitempur-yang-Berlubang

BEKERJA: Para pekerja sedang memperbaiki Jembatan Kalitempur di Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Selang sehari usia ditinjau Pj Bupati Jepara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Jepara, bergerak cepat menambal lubang Jembatan Kalitempur, Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo menggunakan pelat besi pada Senin, 28 November 2022.

Kepala DPUPR Kabupaten Jepara Ary Bachtiar mengatakan bahwa, jembatan tersebut mempunyai fungsi yang cukup vital dalam mendukung konektivitas dan perekonomian masyarakat setempat sebagai akses penghubung antara Dukuh Sidang dengan Dukuh Sinanggul.

“Kita tutup sementara lubang itu dengan pelat besi, sehingga jalannya bisa tetap berfungsi,” kata Ary.

Jembatan Kalitempur Jepara Berlubang, Warga Minta Segera Diperbaiki

Ia menyampaikan bahwa, kerusakan Jembatan Kalitempur terjadi baru-baru ini dan penyebabnya karena konstruksi yang kurang kuat ditambah usia jembatan.

Seiring banyaknya kegiatan, usaha masyarakat yang berkembang di desa, lanjut Ary, akses itu pun kerap dilalui kendaraan bermuatan berat, seperti truk trailer kayu.

“Jembatan kuno itu, dari batu bata yang dibuat melengkung. Memang dulu mungkin dibuat sederhana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ary menyebutkan, terkait perbaikan lebih lanjut, ke depan DPUPR akan memperkuat konstruksi jembatan.

Rencananya, imbuh Ary, anggaran perbaikan menggunakan APBD perubahan tahun 2023 atau melalui dana aspirasi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

“Saya sudah komunikasi dengan anggota DPRD provinsi agar dana aspirasinya bisa diluncurkan untuk jembatan ini,” tuturnya.

Sementara untuk meminimalkan risiko, Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara melakukan langkah pengalihan arus bagi kendaraan berat. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version