Pemkab Jepara Gelar Sejumlah Kegiatan di Hari Kartini

Pemkab Jepara Gelar Sejumlah Kegiatan di Hari Kartini

POTRET: Museum RA. Kartini Jepara. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Dalam rangka peringatan Hari Kartini ke-144, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelar sejumlah kegiatan seputar sosok R.A Kartini. Mulai dari diskusi tentang wanita, hingga pameran karya yang menjadi warisan R.A Kartini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara, Zamroni Lestiaza mengatakan, peringatan Hari Kartini diawali dengan talkshow di Radio Kartini pada tanggal 20 April 2022 pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dengan mengambil tema “Museum dan R.A Kartini”.

Kemudian dilanjutkan dengan pameran di halaman Pendopo R.A Kartini mulai tanggal 21 hingga 22 April 2022. Kali ini mengambil tema “Digdaya Perempuan Jepara”, yang akan diikuti oleh kurang lebih sepuluh Kelompok Usaha Perempuan dengan materi pameran yang beragam.

Peringati Hari Ibu di Jepara, Nawal Taj Yasin Ajak Bangun Ketahanan Perempuan

Pameran foto Jepara masa dulu dan sekarang juga akan dipamerkan. Kegiatan ini dapat disaksikan oleh masyarakat umum di Peringgitan Pendopo R.A Kartini Jepara.

“Pameran foto ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 21 April hingga 23 April 2022,” tuturnya, Rabu (20/4).

Sebagai peninggalan karya R.A Kartini, digelar juga workshop membatik oleh kelompok pelajar Kabupaten Jepara. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 21 April 2022 di Serambi Belakang Pendopo R.A Kartini Jepara, yang dulunya merupakan tempat mengajar Kartini.

Kemudian juga akan diselenggarakan virtual tour museum yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2022. Juga seminar “Raden Mas Panji Sosrokartono: Sang Mandor Klungsu Yang Mendunia” yang akan diikuti oleh Guru Sejarah dan IPS SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Jepara pada hari Sabtu tanggal 23 April 2022 pukul 09.00 WIB di Aula Museum RA Kartini Jepara. Rencananya akan menghadirkan Sejarawan Undip dr. Alamsyah dan juga keluarga Sosrokartono.

“Mudah-mudahan rangkaian kegiatan Hari Kartini ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di Kabupaten Jepara untuk mewarisi semangat juang dan cita-citanya,” harapnya. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)