Pemkab Grobogan Terjunkan Tim untuk Tinjau Penyembelihan Hewan Kurban

MENINJAU: Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, Riyanto, saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Purwodadi pada Minggu (10/07). (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

MENINJAU: Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, Riyanto, saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Purwodadi pada Minggu (10/07). (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

GROBOGAN, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan dalam hal ini Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan telah menerjunkan tim untuk meninjau penyembelihan hewan kurban. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, Riyanto, baru-baru ini.

Ia mengatakan, pada perayaan Idul Adha, pihaknya melakukan pemantauan di sejumlah tempat-tempat penyembelihan hewan kurban. Hal ini untuk memeriksa dan memastikan, hewan yang hendak disembelih dibagikan ke warga benar-benar dalam kondisi aman. 

Pemantauan dilakukan di beberapa tempat. Di antaranya, di tempat pemotongan hewan kurban di Masjid Jabalul Khoir Purwodadi dan di Polres Grobogan. Dengan menerjunkan tim dari dokter hewan, bertugas untuk memeriksa kondisi hewan yang hendak dipotong.

“Kita menerjunkan tim juga dalam rangka memeriksa kondisi ternak baik sebelum dipotong dan selama pemotongan ini sampai pembagian pendistribusian daging ini dalam rangka menjamin keamanan bagi masyarakat yang akan menerima, karena sekarang baru ada wabah pandemi penyakit mulut dan kuku atau PMK. Sehingga terjamin keamanannya. Sehingga, tidak ada sumber penularan aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Pihaknya memastikan, hewan yang disembelih untuk dijadikan hewan kurban sudah dilakukan pemeriksaan oleh Tim dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, sebelum atau saat dilakukan oleh penyembelihan.

“Kemarin sudah kita periksa. Alhamdulillah tidak ada yang menunjukkan gejala PMK dan sehat. Sehingga memenuhi persyaratan untuk dipotong sebagai ternak kurban,” ujarnya. (Lingkar Network | Muhamad Ansori – Koran Lingkar)

Exit mobile version