Pementasan Barongan Akan Awali Peringatan HUT ke-273 Blora

Pementasan Barongan Akan Awali Peringatan HUT ke-273 Blora

MERIAH: Pertunjukan kesenian barongan di panggung terbuka Stadium Seni Budaya Tirtonadi Blora. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id Bupati Blora Arief Rohman menyatakan, dalam rangka Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora bakal diawali dengan pementasan barongan di Kecamatan Ngawen. Rencananya bakal digelar pada 19 November 2022.

“Nanti tanggal 24 November 2022, insya Allah, akan ada Denny Caknan dan Yeni Inka, diawali sebelumnya Gus Miftah, sorenya. Nanti juga ada Ketoprak Humor, yang main kalau bisa Kepala Dinas. Pak Pratik main nanti biar lucu, disini juga,” kata Bupati Blora saat menghadiri Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai Tembakau (DBHCHT) 2022 melalui pertunjukan kesenian barongan di panggung terbuka Stadium Seni Budaya Tirtonadi Blora pada Sabtu, 12 November 2022 malam.

Selain itu, pertunjukan wayang kulit, ada dalang nasional dan lokal. Mulai di Blora, Cepu, Japah, Jati dan lainnya.

Sambut HUT ke-273 Blora, Festival Barongan Nasional Bakal Digelar

“Nanti, ini lain daripada yang lain, ada kirab pusaka, tanggal 3 Desember 2022 malam. Insya Allah, dari ISI Surakarta dan GPH Bhre Cakrahutomo raja Puro Mangkunegara akan hadir, tapi malam,” tambah Bupati Blora.

Pada tanggal Hari Jadi Kabupaten Blora 11 Desember 2022, lanjut Bupati Blora, ada kirab budaya.

“Dan masih banyak yang lain, jadi selama bulan November-Desember 2022 ini akan ada banyak tampilan, termasuk nanti ada Sholawatan Habib Syech dan lainnya. Nanti bisa lihat informasinya dari Dinkominfo,” kata Bupati Blora.

Bupati Blora menyatakan, bahwa kita uri-uri budaya Jawa, salah satunya seni barongan. Sekaligus menandaskan akan ada MoU dengan Institut Seni Indonesia (ISI), sehingga anak-anak Blora yang berbakat nanti bisa kuliah di ISI.

“Nanti kita kerja sama dengan Pak Rektor, dalang-dalang kecil kita banyak, termasuk pemain barongan kita, saya kira terbesar di Indonesia, adanya di Blora. Makanya banyak yang menyebut Blora ini Kota Barongan. Insya Allah akan terus kita lestarikan,” ujarnya. (Lingkar Network | Lilik Yuliantoro – Koran Lingkar)

Exit mobile version