Peduli Lingkungan, Bupati Sumarni Hijaukan Desa Simo Grobogan

Peduli-Lingkungan,-Bupati-Sumarni-Hijaukan-Desa-Simo-Grobogan

SIMBOLIS: Bupati Sumarni menyiram bibit pohon usai penanaman pohon di sekitar wilayah Waduk Simo, di Desa Simo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. (Muhammad Ansori/Lingkarjateng.id)

GROBOGAN, Lingkarjateng.id Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama Forkopimda menanam pohon di sekitar wilayah Waduk Simo, di Desa Simo, Kecamatan Kradenan pada Rabu, 23 November 2022. Penanaman pohon dalam rangka Hari Penanaman Pohon Indonesia.

Pelaksanaan penanaman pohon disambut warga setempat dengan sangat antusias. Bahkan dalam kesempatan itu, Bupati Sumarni disambut dengan kesenian reog.

Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan, pihaknya menyambut baik gerakan “Ayo Menanam Pohon Mewujudkan Desa Simo Lestari” dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2022.

Aksi kepedulian lingkungan ini juga dalam upaya menjaga alam, bersamaan dengan aksi menanam pohon di seluruh tanah air.

“Gerakan ini menjadi langkah sangat strategis. Mengingat sekarang ini kita sedang menghadapi ancaman kerusakan sumber daya hutan dan lingkungan,” ujar Bupati Sumarni.

Bupati Sumarni menyatakan, jika sumber daya hutan, lingkungan hidup, dan ruang terbuka hijau diabaikan, maka akan mengakibatkan rusaknya alam.

MERIAH: Bupati Sumarni saat naik di atas reog dalam upacara penanaman pohon di wilayah Waduk Simo di Desa Simo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. (Muhammad Ansori/Lingkarjateng.id)

Sehingga, hal ini akan menimbulkan hujan lebat, angin kencang, banjir, tanah longsor, bahkan perubahan musim yang sulit diperkirakan, yang mengakibatkan terjadi kekeringan dan mengancam ketersediaan air dan pangan.

Kegiatan penanaman ini, tambahnya, merupakan wujud nyata sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan alam di Desa Simo, Kecamatan Kradenan.

Supaya bisa menjadi salah satu model untuk desa dan wilayah lain di Grobogan, sehingga tercipta ruang terbuka hijau dengan luasan dan kerapatannya memadai. Hal ini selaras dengan program Jawa Tengah Ijo Royo-Royo.

“Terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah bergotong royong dan bersinergi, baik dari unsur pemerintah, TNI, Polri, swasta dan masyarakat secara pribadi maupun dalam komunitas. Secara khusus, saya apresiasi untuk kaum muda, pelajar mahasiswa, karang taruna dan, pramuka yang telah ikut serta aktif berperan dalam penanaman serentak seperti ini,” ucapnya.

Pihaknya pun mengajak seluruh  masyarakat Kabupaten Grobogan menjaga dan memelihara alam agar tetap lestari. Hal ini agar wilayah Kabupaten Grobogan terhindar dari bencana karena kerusakan alam. (Lingkar Network | Muhammad Ansori – Koran Lingkar)