Pasang Label Aman, Dinkes Kendal Pastikan Karyawan Hotel Sudah Vaksin Komplit

MEMASANG: Plt Kadinkes Kendal, Parno memasang label stiker di salah satu hotel Kendal untuk menunjukkan hotel tersebut aman dan sehat karena karyawan sudah vaksin booster. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

MEMASANG: Plt Kadinkes Kendal, Parno memasang label stiker di salah satu hotel Kendal untuk menunjukkan hotel tersebut aman dan sehat karena karyawan sudah vaksin booster. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Pandemi selama 2 tahun berdampak besar pada tingkat hunian hotel di Kendal. Tidak hanya itu, restoran juga mengalami hal yang sama, pengunjung berkurang hingga banyak yang tidak beroperasi karena khawatir merugi.

Upaya pemerintah dengan pemberian vaksin dosis pertama dan kedua ditambah dengan vaksin booster membawa angin segar bagi pengusaha hotel dan restoran. Meski tidak mengalami peningkatan, namun geliatnya sudah kembali terasa.

“Di Kendal ada 27 hotel dan 57 restoran yang tergabung dalam PHRI Kendal. Dan selama pandemi sangat terdampak hingga untuk bertahan saja sangat susah,” ujar Ketua PHRI Kendal Cahyanto pada Senin (18/4).

Program vaksinasi dan kebijakan pemerintah yang mulai melonggarkan aktivitas warga membuat kalangan hotel dan restoran bisa bernafas kembali. Hampir seluruh hotel dan restoran di Kendal karyawannya sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dari dosis pertama hingga ketiga atau booster.

Kasus Covid-19 Naik, Okupansi Hotel di Jateng Alami Penurunan

“Program pemberian stiker yang menunjukkan hotel dan restoran sudah aman karena karyawannya sudah di-booster menjadi harapan bagi kami untuk meningkatkan tingkat hunian dan kunjungan sehingga perekonomian berjalan normal,” imbuhnya.

PHRI Kendal juga terus berupaya membantu program percepatan vaksinasi dari pemerintah dan dengan pemberian stiker label aman ini bisa menambah kepercayaan masyarakat untuk menginap atau berkunjung ke Kendal. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, hotel dan restoran di Kendal dipasang stiker label aman.

Sebelum pemasangan stiker label aman, tim dari Dinkes akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi kepada pihak pengelola baik hotel maupun restoran. 

“Jadi sebelumnya kita lakukan verifikasi kepada hotel dan restoran terkait vaksin booster. Jika sudah lengkap seluruh karyawan mendapatkan booster maka akan diberi stiker label aman,” terang Plt Kepala Dinkes Kendal, Parno.

Jelang Nataru, Okupansi Hotel Jepara Naik 40 Persen

Dikatakan Parno, tujuan pemasangan stiker label aman ini untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Karena dengan stiker label aman ini dipastikan seluruh karyawan sudah mendapatkan vaksin booster.

“Pengunjung jangan khawatir dan takut karena stiker ini menunjukan bahwa karyawan hotel dan restoran sudah divaksin, sehingga tidak mudah terpapar Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu GM Hotel Sae Inn, Fransisca Handoko menyambut baik pemasangan stiker label aman di hotelnya. 

“Sangat bagus karena bisa menjamin pengunjung untuk lebih nyaman. Kami merasakan sekali dampak Covid-19 hingga tingkat hunian turun drastis,” jelasnya.

Pemkot Semarang Siapkan Vaksin Booster bagi Pemudik

Fransisca mengaku, saat ini sudah ada kenaikan tingkat hunian meskipun tidak sebanyak saat sebelum pandemi. 

“Harapan kita pengusaha hotel dan restoran kondisi mulai normal seiring dengan vaksinasi yang terus dilakukan,” pungkasnya. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version