Pameran Tosan Aji Rembang Ajak Milenial Bedah Filosofi Keris

MENGAMATI: Sejumlah siswa sekolah mengunjungi pameran Tosan Aji di pendopo museum RA Kartini pada Jumat, 19 Agustus 2022. (R Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

MENGAMATI: Sejumlah siswa sekolah mengunjungi pameran Tosan Aji di pendopo museum RA Kartini pada Jumat, 19 Agustus 2022. (R Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang membuka pameran Tosan Aji di pendopo museum RA Kartini pada Jumat, 19 Agustus 2022. Pameran akan berlangsung selama dua hari sampai Sabtu, 20 Agustus 2022.

Sub koordinator Museum, Sejarah dan Cagar budaya Dinbudpar Rembang, Retna Dyah menyampaikan bahwa pameran Tosan Aji merupakan pameran yang memamerkan benda-benda pusaka utamanya keris. Pameran digelar dengan tujuan untuk meningkatkan akses data dan informasi sejarah peninggalan budaya bagi masyarakat.

“Karena pusaka atau keris ini sendiri sudah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO asli Indonesia,” kata dia.

Di acara tersebut, lanjutnya, tidak hanya memamerkan keris sebagai warisan budaya tapi juga membedah keris dari sisi ilmu pengetahuan. Seperti filosofi pembuatan keris hingga motif yang ada pada keris.

“Jadi filosofi pembuatan keris, motif hias pada keris sendiri itu ‘kan mengandung beberapa pesan moral yang ditinggalkan nenek moyang kita agar generasi muda itu tahu betapa rumitnya pembuatan keris dan petuah itu ada di dalam sebuah keris. Tidak hanya dari segi magisnya tapi lebih ke ilmu pengetahuan,” terangnya.

Ia menyebutkan ada 500 lebih pusaka keris dari berbagai daerah yang dipamerkan. Event ini, menurutnya, menarik karena pengunjung tak perlu pergi ke berbagai tempat untuk melihat pusaka keris yang berasal dari banyak tempat.

“Ada 10 peserta. Ada yang dari lokal seperti Fokmas Lasem, kalau dari daerah lain itu Jogja, Solo. Karena daerah itu ‘kan memang penggemar keris. Jawa timur ada juga,” bebernya.

Sejak dibuka pada jam 10.00 WIB, pengunjung tampak antusias melihat pameran tosan aji. Pameran akan dibuka hingga jam 23.00 WIB. Pada hari pertama, Jumat malam nanti akan ada opening show berupa kirab pusaka dan karawitan. Sedangkan Sabtu malam sejumlah acara seperti workshop jamasan keris dan sarasehan.

Sementara itu, lanjutnya, prosesi penjamasan keris dilakukan oleh Empu Daliman Puspo Budoyo yang merupakan dosen Prodi Keris dan Senjata Tradisi dari ISI, Solo. Bagi yang ingin melihat langsung, bisa datang pada Sabtu, 20 Agustus 2022 jam 19.00 WIB. (Lingkar Network | R Teguh Wibowo – Koran Lingkar)

Exit mobile version