Momen 1 Suro, Desa Pamriyan Kendal Gelar Khotmil Quran Serentak

Momen 1 Suro, Desa Pamriyan Kendal Gelar Khotmil Quran Serentak

POTONG TUMPENG: Peringatan Tahun Baru Hijriah di Desa Pamriyan, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Peringatan Tahun Baru 1444 Hijriah digelar dengan rangkaian pembacaan Khotmil Quran serentak di 14 wilayah yang tersebar di Desa Pamriyan, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal dan dipusatkan di Balai Desa Pamriyan.

Pembacaan ayat suci Alquran hingga khatam atau Khotmil Quran serentak dilaksanakan oleh 22 hafidz dan hafidzah serta 30 santriwan dan santriwati penghafal Al-Quran. Ayat suci Al-Quran menggema di setiap sudut Desa Pamriyan tepat di malam pergantian tahun baru Hijriah.

Kepala Desa Pamriyan, Taufik Rizal pada Senin, 1 Agustus 2022 mengatakan, kegiatan ini rutin digelar sejak dirinya menjabat. Namun, dua tahun saat masa pandemi covid-19, acara tersebut tidak digelar meriah.

“Tahun ini saat pandemi mereda, kami menggelar secara bersamaan khatam Al-Quran di 14 titik wilayah, agar pada malam pergantian tahun, suara ayat suci Al-Qur’an bergema,” ujar Taufik.

Dalam kegiatan ini, Pemdes Pamriyan dan juga para donatur memberikan bantuan kepada anak yatim piatu se-Desa Pamriyan. Sedangkan pada puncak acara malam pergantian tahun baru Hijriah digelar doa bersama dan tausiyah.

“Seluruh anak yatim yang ada di Desa Pamriyan, kami kumpulkan di Balai Desa untuk kami beri santunan dan ini merupakan bentuk kepedulian desa serta para donatur,” pungkasnya. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version