Mirip Kolam, Warga Keluhkan Jalan Gabus-Tambakromo Pati Rusak Parah

RUSAK PARAH: Kondisi Jalan Gabus-Tambakromo tutut Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati usai diguyur hujan pada Kamis, 19 Januari 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

RUSAK PARAH: Kondisi Jalan Gabus-Tambakromo tutut Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati usai diguyur hujan pada Kamis, 19 Januari 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idJalan Gabus-Tambakromo, Kabupaten Pati rusak parah hingga berubah seperti kolam pasca diguyur hujan deras pada Kamis, 19 Januari 2023.

Banyak warga dan pengguna jalan mengeluhkan rusaknya Jalan Gabus-Tambakromo ini. Salah satunya adalah Agil. Ia mengaku lebih memilih memutar lebih jauh daripada harus melewati jalan yang berada di Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus ini.

“Parah sekali ini. Masak jalan seperti kolam lele. Pemerintah dimana ini, jangan diam saja,” keluhannya, Kamis 19 Januari 2023.

Kendati 50 meter ruas Jalan Gabus-Tambakromo sudah di beton, justru pembangunan inilah yang membuat sisi selatan menjadi cekung.

Sayangnya pihak terkait yang bertanggungjawab, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Pati belum melakukan perawatan atas kerusakan jalan ini.

Meski begitu, dalam waktu dekat DPUTR melalui Plt Kabit Bina Marga, Hasto Utomo berjanji secepatnya akan memperbaiki jalan tersebut.

Anggaran sebesar satu miliar rupiah telah disiapkan untuk perbaikan jalan. Rencananya, lelang tender akan dilakukan pada bulan Februari. Sehingga diharapkan pada bulan Maret-April sudah dalam proses perbaikan.

“Ada anggaran satu miliar rupiah yang saat ini masih proses perencanaan. Rencana nanti akan diurug basecorse campur semen untuk penanganan daruratnya. Kami menunggu, kalau tidak sering hujan,” ungkapnya.

Banyak warga berharap perbaikan Jalan Gabus-Tambakromo ke depan tidak mudah rusak. Pasalnya, pada perbaikan jalan sering dijumpai ketidaksesuaian antara anggaran dengan kondisi jalan yang mudah rusak. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version