Meriahkan HUT RI, Lomba Ketapel Diikuti Pejabat Hingga Siswa SD di Jepara

Meriahkan HUT RI, Lomba Ketapel Diikuti Pejabat Hingga Siswa SD di Jepara

MEMBIDIK : Salah satu peserta lomba ketapel sedang membidik sasaran. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bekerjasama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) menggelar lomba ketapel tingkat kabupaten. Kegiatan lomba ketapel tersebut dilaksanakan di halaman rumah dinas Wakil Bupati Jepara pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Ketua KPOTI Jepara, Ahmad Kholik mengatakan, lomba ketapel digelar sekaligus untuk memperkenalkan salah satu cabang olahraga tradisional yang mulai terangkat di Kabupaten Jepara. Kegiatan ini diikuti mulai dari pejabat pemerintahan, staff perangkat daerah, guru hingga siswa Sekolah Dasar.

“Sekarang sudah banyak yang menyukai ketapel. Hari ini kita gelar lomba ketapel yang diikuti pejabat hingga siswa Sekolah Dasar,” ucapnya. 

Menurut Kholik, lomba ketapel tidak hanya sosialisasi olahraga tradisional saja, namun juga untuk memupuk semangat gotong royong menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, olahraga tradisional ketapel ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan sudah dimasukkan dalam agenda besar di Festival Ketapel Nusantara. 

“Harapanya terus dipupuk dan dibina. Tentu saja dengan perhatian Pemerintah Kabupaten melalui Disdikpora dan Disparbud,” terangnya. 

Olahraga tradisional ketapel ini tidak hanya membuat sehat dan mengasah ketangkasan pemain, akan tetapi juga memiliki dampak ekonomi bagi pengrajin kayu untuk membuat alat ketapel. Ia berharap, lomba ketapel masuk dalam kejuaraan Porprov. 

“Untuk pembinaan sudah dilakukan secara berjenjang. Desa diharapkan ikut melestarikan dengan mengalokasikan anggarannya untuk olahraga tradisional,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version