Meresahkan, Belasan Tiang Listrik Berdiri di Badan Jalan Tanggulsari Semarang

MERESAHKAN: Tiang listrik yang berada di tengah Jalan Tanggul Sari dapat mengganggu pengguna jalan yang melintas, Kota Semarang. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

MERESAHKAN: Tiang listrik yang berada di tengah Jalan Tanggul Sari dapat mengganggu pengguna jalan yang melintas, Kota Semarang. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id Sejumlah tiang listrik yang dipasang di tengah jalan Tanggulsari, Kecamatan Tugu, Semarang, Jawa Tengah banyak dikeluhkan masyarakat pengguna jalan. Pasalnya pemasangan tiang listrik tersebut berada di badan jalan yang seharusnya dilewati oleh pengendara motor.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ada sebanyak 14 tiang listrik yang dipasang. Sedangkan 7 tiang posisinya persis di tengah jalan dengan jarak antar tiang sekitar 500 meter. 

Bahkan, kebanyakan pengendara tampak kaget, karena pemasangan tiang listrik tersebut berada di tengah jalan menuju arah pantai Mangunharjo.

Dafi, salah satu pengguna jalan turut mengungkapkan kekagetannya saat melintas menuju pantai tersebut.

Aniaya Junior hingga Tewas, 5 Taruna PIP Semarang Divonis 6 hingga 7 Tahun Penjara

Ia pun mengeluhkan, keberadaan tiang listrik di tengah jalan ini sangat menggangu dirinya. Apalagi, jika para pengguna jalan tidak berhati-hati dalam berkendara.

“Kaget saja, ada tiang listrik di tengah jalan, kalau tidak hati-hati bisa berbahaya bagi pengendara,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menilai, keberadaan tiang listrik ini sangat berbahaya bagi para pengendara yang berpapasan. Dafi pun berharap kepada pemerintah untuk segera mengeksekusi keberadaan tiang listrik di tengah jalan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Camat Tugu, Kusnandir menjelaskan, keberadaan jalan tersebut masih dalam koordinasi dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang.

Kendati demikian dirinya menyebut, keberadaan tiang listrik tersebut telah ada lebih dulu dibandingkan dengan pembuatan jalan. Ia menambahkan jika, fungsi dari tiang listrik tersebut yakni untuk penerangan para nelayan ketika malam hari.

Kurangi Sampah Plastik, Aktivis Semarang Gencarkan Plogging

“Arah timur ada sungai, sedangkan jika diarahkan ke arah barat harus membebaskan banyak tambak milik masyarakat,” imbuhnya.

Namun, begitu pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN dalam menangani hal tersebut. Menurutnya, adanya tiang listrik di tengah jalan dinilai mengurangi estetika atau keindahan kota.

Begitu pun dirinya menyebut selama adanya tiang listrik ditengah jalan, belum ada laporan adanya kejadian kecelakaan. “Selama ini belum ada laporan kecelakaan,” tambahnya.

Ketika ditanya soal waktu pemindahan, pihaknya masih belum menjawab secara jelas. Dirinya hanya mengatakan, pemindahan tiang listrik akan dilakukan dalam waktu dekat. 

“Yang jelas pemindahan bakal direncanakan, saya kira hanya menunggu waktu tentang penganggaran begitu maksudnya, tadi saya sudah konfirmasi ke DPU sudah direncanakan. Awal tahun kemarin sudah direncanakan untuk pemindahan tiang,” tandasnya. (Lingkar Network | Adimungkas – Koran Lingkar)

Exit mobile version