Mahasiswa Tak Mampu dan Berprestasi Terima Beasiswa dari Pemkab Kudus

Mahasiswa Tak Mampu dan Berprestasi Terima Beasiswa Pemkab Kudus

MENEMUI: Pemkab Kudus saat menemui Syarif Abdulloh yang merupakan salah satu penerima beasiswa di Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memiliki program pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki kesulitan di bidang ekonomi. Program ini pun sudah berlangsung selama beberapa tahun.

Melalui program ini, Pemkab Kudus ingin membantu mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk bisa mengakses pendidikan yang layak di tingkat S1. Total ada 17 mahasiswa di tahun 2022 yang menerima bantuan tersebut.

Bupati Kudus HM Hartopo pun menemui secara langsung salah satu mahasiswa penerima, yakni Syarif Abdullah warga RT 2 RW 3 Desa Barongan, Kecamatan Kota. Ia mengatakan, bantuan ini diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu di bidang ekonomi tapi punya prestasi.

“Bantuan ini adalah program dari Pemkab Kudus yang memang memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu di bidang ekonomi tapi pintar dan punya prestasi,” ucapnya.

Menurutnya, beasiswa yang diberikan sudah tepat sasaran. Pasalnya, sudah ada tim verifikasi yang melakukan survei langsung para penerima beasiswa dari Pemkab Kudus.

“Para penerima beasiswa ini pun hasil dari verifikasi dan koordinasi Kepala Desa setempat yang memang menilai apakah penerima memang layak menerima,” bebernya.

Dijelaskanya, dalam program beasiswa Pemkab Kudus, mahasiswa yang berkuliah di dalam daerah mendapatkan beasiswa senilai Rp 6 juta. Sementara mahasiswa yang berkuliah di luar daerah akan menerima beasiswa senilai Rp 16 juta.

“Tahun ini alokasi penerima itu untuk 20 orang, tapi yang kami realisasikan ada 17 orang dan berkuliah di dalam kota semua. Ini karena yang 3 orang itu sudah menerima beasiswa dari lembaga lain,” paparnya.

Bupati Hartopo berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan mampu membantu meringankan beban pendidikan. Dirinya juga berpesan bagi seluruh mahasiswa khususnya di wilayah setempat untuk bisa berkuliah dengan baik dan mengukir prestasi.

“Tentu harus punya prestasi yang baik, jadi harus bisa mandiri dan berjuang untuk pendidikan. Karena orang sukses tidak bisa instan, tapi melalui perjuangan,” pesannya.

Sementara, penerima beasiswa yakni Syarif Abdullah (21) mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Pemkab Kudus. Diketahui, Syarif merupakan mahasiswa semester 7 Jurusan Teknik Informatika di Universitas Muria Kudus (UMK).

“Terima kasih Pak Bupati dan Pemkab Kudus atas bantuan yang diberikan. Bantuan ini cukup dan akan saya manfaatkan untuk keperluan kuliah,” katanya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Koran Lingkar)

Exit mobile version