Lindungi Generasi Muda, Gus Yasin Gandeng Ormas Kampanyekan Anti Narkoba

Lindungi Generasi Muda, Gus Yasin Gandeng Ormas Kampanyekan Anti Narkoba

BERI KETERANGAN: Gus Yasin saat memberikan keterangan. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Berbagai organisasi massa yang ada di Provinsi Jawa Tengah diajak untuk bantu Pemerintah Daerah dalam gencarkan kampanye anti narkoba kepada masyarakat, khususnya kalangan milenial.

“Kampanye anti narkoba oleh ormas perlu digencarkan dengan menyasar sekolah dan pesantren dengan melibatkan pihak terkait,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen atau yang akrab disapa Gus Yasin di Semarang pada Senin, 19 September 2022.

Gus Yasin optimistis, ormas termasuk ormas berbasis Islam, bisa berperan dalam hal menceritakan mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Apalagi, lanjutnya, semua agama telah sepakat bahwa hukum mengonsumsi narkoba adalah haram.

“Kampanye anti narkoba itu bertahap, mulai diterangkan dengan bahayanya. Tidak hanya menjelaskan bahayanya, tetapi kalau kamu mengonsumsi narkoba, nanti bisa masuk juga ke ranah perjudian dan lainnya,” kata Gus Yasin.

Menurut Gus Yasin, peran ormas dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa melalui berbagai kegiatan maupun acara, seperti melalui penyuluhan dan kampanye anti narkoba di sekolah, pondok pesantren, maupun lembaga-lembaga pendidikan lainnya.

“Terlebih peredaran narkoba itu sekarang juga menyasar di lembaga-lembaga pendidikan umum maupun pendidikan berbasis agama,” ujar Gus Yasin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD Gerakan Rakyat Antimadat (Geram) Provinsi Jateng, Hafidz Sungkar mengatakan bahwa narkoba adalah musuh besar bangsa selain korupsi dan radikalisme, bahkan di antara tiga musuh bangsa Indonesia.

Ia bahkan menyebut musuh terbesar adalah narkoba karena mulai anak-anak hingga orang tua bisa terkena narkoba.

“Jadi, peran aktif ormas Islam ini dibutuhkan, selalu memberikan penyuluhan, jangan berhenti, selalu mengingatkan. Yang diingatkan saja sudah susah. Oleh karena itu, semua pihak selalu mengingatkan terus. Kami selaku pegiat anti narkoba selalu memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba,” tandasnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version