Kreatif, Warga Grobogan Manfaatkan Banjir Jadi Wisata Perahu

TERAPUNG: Warga Desa Menduran, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan memanfaatkan banjir sebagai wisata perahu pada Rabu, 4 Januari 2023. (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

TERAPUNG: Warga Desa Menduran, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan memanfaatkan banjir sebagai wisata perahu pada Rabu, 4 Januari 2023. (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

GROBOGAN, Lingkarjateng.id – Kondisi banjir tak menyurutkan kreatifitas warga Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan. Mereka memanfaatkan genangan banjir sebagai tempat wisata perahu.

Para warga menggunakan perahu dan mengajak warga yang ingin keliling lautan air di area sawah yang tergenang banjir. Warga mematok harga Rp5.000 per orang untuk bisa menikmati wahana wisata dadakan itu.

Pemandangan ini bisa dilihat saat  menjelang sore. Terpantau banyak anak-anak hingga orang dewasa menikmati kondisi tersebut.

Tak hanya menyewa perahu, warga juga memanfaatkan momen tersebut untuk melihat pemandangan, berswafoto dan saling bergurau. Sementara sebagian warga tampak mengantre menaiki jasa perahu keliling.

Kepala Desa Kronggen, Hadijono, mengatakan bahwa di desanya ada ratusan hektare sawah yang terendam banjir. Kondisi sawah itu pun bervariasi. Ada yang pasca panen, baru disemai, hingga baru berumur sebulan.

“Kalau sore ramainya. Sesudah pukul 15.00. Ada dua perahu yang disewakan,” katanya, pada Kamis, 5 Januari 2023.

Selain menjadi tempat wisata dan hiburan, genangan banjir juga dimanfaatkan anak-anak untuk bermain. Terlebih aktivitas pembelajaran tatap muka diliburkan dan diganti dengan pembelajaran dari rumah. 

Seorang siswa SD N 1 Kronggen, Latif, menyebut sudah tidak masuk ke sekolah sejak Senin, 2 Januari 2023 lantaran sekolahnya terendam banjir.

Ia berharap kondisi air yang menggenangi wilayahnya segera surut supaya kegiatan warga dapat kembali normal. (Lingkar Network | Muhamad Ansori – Koran Lingkar)

Exit mobile version