Ketua DPRD Pati Minta Warga Peduli Lingkungan dan Tak Buang Sampah Sembarangan

Ketua DPRD Pati Minta Warga Peduli Lingkungan dan Tak Buang Sampah Sembarangan

MENYAMPAIKAN: Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin (kiri) didampingi oleh Wakil Ketua II DPRD Pati, Hardi saat menyampaikan keterangan. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Sampah merupakan salah satu penyebab banjir yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Pati. Guna meminimalisir hal tersebut, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin meminta kepada masyarakat Pati untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik itu di tepi jalan maupun di sungai sangat disayangkan oleh Ketua DPRD Pati. Terlebih, sikap dari masyarakat yang seringkali menyalahkan pemerintah jika terjadi banjir.

“Ini ‘kan masih banyak sampah di (tepi) jalan, dibuang di mana-mana. Ini tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah, tapi tanggungjawab masyarakat semua. Ketika membuang sampah, jangan di sungai dan di tepi jalan. Buanglah sampah pada tempatnya,” kata Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin.

Ketua DPRD Pati Sebut Akan Rundingkan soal Penambahan TPA

Menyadari bahwa di Kabupaten Pati kekurangan armada truk sampah, Ali mengatakan akan menganggarkan di tahun 2023 atau 2024 mendatang. Yang terpenting bagi Ketua DPRD Pati ini adalah, kebiasaan masyarakat yang harus dirubah untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Kami mohon dukungan dari masyarakat ketika membuang sampah jangan sembarangan. Nanti tugas kami di Pemerintah Daerah kalau kekurangan armada akan kami adakan. Kalau nanti sekiranya APBD kita mencukupi kita adakan, kalau kurang di perubahan 2024,” tegasnya.

Sebagai informasi, selain menambah armada truk sampah, kebakaran rumah yang sering terjadi juga tak luput dari perhatian Ali Badrudin selaku Ketua DPRD Pati.

Pengadaan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di tiap-tiap kecamatan pun akan segera dibahas. Hal ini guna mempermudah pemadaman kebakaran, lantaran jarak antar satu kecamatan ke Kota Pati terbilang cukup jauh. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version