Keterbukaan Informasi, Diskominfo Gandeng Pejabat dalam Talk Show Radio Suara Pati

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto. (Dok. Facebook Diskominfo Pati/Lingkarjateng.id)

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto. (Dok. Facebook Diskominfo Pati/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Sejak 1 Januari 2023, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati memegang tanggung jawab pengelolaan radio Suara Pati. Sejumlah rencana pun telah disiapkan untuk mengembangkan radio Suara Pati agar lebih dikenal masyarakat.

Salah satu upaya Diskominfo Pati dalam mengembangkan radio Suara Pati adalah dengan memperluas jangkauan agar siaran informasi yang disampaikan bisa didengarkan masyarakat Pati atau bahkan di luar Pati.

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin dengan menggandeng beberapa pihak dalam rangka mendukung program ini.

“Kami akan melakukan langkah-langkah strategis karena jangkauan frekuensinya kurang luas. Kami panggil teknisi untuk perbaikan, alhasil seluruh Kabupaten Pati sudah terjangkau Radio Suara Pati,” ujarnya.

Diskominfo Siap Majukan Kualitas Penyiaran Radio Suara Pati

Menurut Ratri, keberadaan Radio Suara Pati ini sudah ada cukup lama dan eksis di masa lampau. Dirinya juga menyadari saat ini pendengar radio sangatlah berkurang ketimbang di zaman dulu, sehingga diperlukan yang namanya rebranding.

Agar informasi bisa menyasar ke seluruh kalangan, Diskominfo Pati telah membuat inovasi lain dengan siaran streaming melalui media sosial, baik itu YouTube, Facebook, TikTok, ataupun Instagram.

“Kita ingin Suara Pati bisa dinikmati diseluruh Indonesia bahkan dunia. Sehingga kami sediakan streaming YouTube, sehingga bisa dinikmati dimana saja,” tambahnya.

Selain itu, untuk menarik minat dari para pendengar Suara Pati juga menghadirkan narasumber-narasumber yang merupakan pejabat publik di Pemerintah Kabupaten Pati.

“Dengan dialog interaktif bersama tokoh publik harapannya program-program yang dibuat pemerintah dapat diketahui oleh masyarakat sebagai bentuk keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Perluas Jangkauan, Diskominfo Kembangkan Radio Suara Pati ke Live Streaming

Sejumlah narasumber yang pernah diundang sebagai narasumber program dialog interaktif diantaranya dari BPBD Pati terkait tanggap darurat bencana, Dinas Sosial P3AKB terkait penanganan stunting, perwakilan Bank Jateng dengan tema penyaluran kredit usaha rakyat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pati dengan tema pembentukan sekolah adiwiyata dan pengelolaan sampah di wilayah Pati.

Ratri menambahkan upaya menggandeng pejabat publik ini penting untuk mewujudkan Visi dan Misi Diskominfo Pati sebagai instansi pengelola informasi publik kepada masyarakat Pati.

Tak hanya informasi soal kebijakan pemerintah, Radio Suara Pati juga menyajikan berita terkini, talkshow hingga musik.

“Adapun hal-hal yang menjadi poin penting adalah pembahasan tentang program berita, musik, talkshow, streaming, izin penyelenggaraan sistem elektronik, izin penyelenggaraan jaringan telekomunikasi, dan izin prinsip stasiun radio,” pungkasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version