Kapan Lebaran 2022? Ini Hasil Ketetapan Muhammadiyah dan Kemenag

Lebaran 2022

MEMANTAU: Proses pemantauan awal Ramadhan menggunakan metode rukyatul hilal, beberapa waktu lalu. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

JAKARTA, Lingkarjateng.id – Muhammadiyah telah menetapkan hasil hisab hakiki wujudul hilal sebagai pedoman Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022. Keputusan tersebut tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 Hijriyah.

Penetapan 1 Syawal 1443 H tersebut dilakukan berdasarkan kajian dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto sebagaimana disiarkan dalam Televisi Muhammadiyah pada Selasa (26/4) mengimbau pelaksanaan sholat Ied dilakukan secara khusyuk.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau agar sholat Idul Fitri dan segenap rangkaiannya, seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya dapat diselenggarakan dengan khusyuk dan saksama,” kata Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto.

7 Tips Aman Mudik Lebaran Bagi Ibu Hamil

Sementara itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menetapkan lebaran 2022 usai sidang isbat yang akan digelar pada Minggu, 1 Mei 2022.

Sidang isbat menggunakan metode hisab dan rukyat, di mana posisi hilal Syawal akan dipresentasikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah yang selanjutnya menunggu laporan rukyat dari seluruh Indonesia. Kemenag juga akan melakukan perhitungan posisi hilal secara hisab sebagai bagian dari proses penentuan awal bulan.

7 Fakta Unik Seputar Mudik Lebaran

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

“Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yaitu 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat,” jelasnya.

Dengan demikian, untuk mengetahui kapan lebaran 2022, pemerintah Indonesia masih menunggu hasil keputusan sidang isbat yang akan digelar Minggu, 1 Mei 2022 mendatang. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version