Kapal Nelayan Pati Dibakar, ABK Dipulangkan Lewat Tanjung Perak

Kapal Nelayan Pati Dibakar, ABK Dipulangkan Lewat Tanjung Perak

DIPULANGKAN: 17 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal cantrang KM Wahyu Mina Barokah IV yang dibakar di perairan Laut Jorong Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dipulangkan. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Sebanyak 17 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal cantrang KM Wahyu Mina Barokah IV yang dibakar di perairan Laut Jorong Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dipulangkan. Kabar tersebut diterima setelah pihak Satpolair Polres Rembang mendapatkan informasi dari Satpolair Tanah Laut pada Selasa (12/4) malam.

“Informasi dari Kasatpolair Tanah Laut, semua ABK telah dimintai keterangan. Setelah pemeriksaan selesai dipulangkan ke Rembang, mungkin nanti malam jam 12 sampai Rembang semua dalam keadaan sehat, ” ungkap Kasat Polair Polres Rembang, AKP Sukamto.

Sementara itu, untuk kepulangan ABK dari Surabaya menuju ke Rembang, AKP Sukamto menambahkan, pihak asosiasi nelayan sudah menyiapkan armada bus untuk penjemputannya.

Kapal Nelayan Pati Dibakar di Perairan Laut Jorong, ABK Masih Diamankan

“Untuk kepulangan dari Pelabuhan Surabaya menuju ke Rembang sudah ada penjemputan, disiapkan bus oleh kelompok nelayan Rembang,” imbuhnya.

Peristiwa pembakaran kapal berawal saat nelayan lokal Kalimantan Selatan mendengar informasi ada kapal cantrang menangkap ikan di perairan berjarak sekitar 11,8 Mil dari bibir pantai. Mereka kemudian melakukan sweeping lalu membakar satu dari tiga kapal cantrang yang dipergoki, sementara 2 kapal lainnya dapat melarikan diri. 

Sebanyak 17 ABK kapal yang dibakar diamankan di Satpolair Tanah Laut. 15 ABK merupakan warga dari Kabupaten Rembang, dan 2 ABK merupakan warga dari Kabupaten Pati. (Lingkar Network | R. Teguh Wibowo – Koran Lingkar)