Kabupaten Kudus Kekurangan 1.000 Guru

Kabupaten-Kudus-Kekurangan-1.000-Guru

ILUSTRASI: Sejumlah guru saat mengikuti pelantikan PPPK baru-baru ini. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus berencana mengusulkan sekitar 1.000 formasi untuk jabatan guru. Kabupaten Kudus kekurangan 1.000 guru lantaran banyaknya jabatan guru yang masih kosong.

Kekosongan pengajar ini terutama terdapat pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Menurutnya, per tanggal 1 Juni 2022 ada sekitar 150 kekosongan formasi guru sepanjang tahun ini.

“Perbulan rata-rata guru yang pensiun sekitar 30 orang. Sampai per 1 juni ada sekitar 150 kekosongan formasi guru tingkat SD dan SMP. Kami juga masih membutuhkan sekitar 1.000 guru lagi untuk tahun depan,” kata Kepala Disdikpora Kudus, Harjuna Widada.

Puluhan Guru di Kudus Ikuti Lokakarya Guru Penggerak

Meski demikian, untuk jumlah pasti formasi yang akan dibuka, pihaknya tetap mengikuti regulasi dari Pemerintah Pusat. Disdikpora Kudus hanya bisa memberikan usulan jumlah formasi yang dibutuhkan saja.

“Kebutuhan guru yang kami usulkan kurang lebih 1.000 formasi. Tapi diterimanya berapa nanti kan tergantung Pemerintah Pusat seperti apa,” ujarnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus baru saja melantik sebanyak 367 formasi guru melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Guru yang dilantik menjadi PPPK itu diberikan jangka waktu kontrak selama 5 tahun.

Ratusan Guru di Kudus Antusias Ikuti Program Guru Penggerak

“Nanti setelah 5 tahun ke depan, akan ada evaluasi bagi PPPK untuk perpanjangan kontraknya,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Kudus HM Hartopo juga berharap ada tambahan formasi untuk jabatan guru. Mengingat di Kabupaten Kudus masih membutuhkan banyak formasi untuk jabatan pengajar di sekolah.

“Harapan kami nantinya bisa ada tambahan formasi guru untuk mengisi kekosongan yang ada saat ini,” ucapnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Koran Lingkar)

Exit mobile version