Jelang Puncak Haul Sunan Pojok Blora, Pedagang Padati Akses Jalan ke Makam

RAMAI: Pedagang dan peziarah memadati kompleks menuju makam Sunan Pojok Blora pada Rabu, 24 Agustus 2022. (Lilik Yuliantoro/Lingkarjateng.id)

RAMAI: Pedagang dan peziarah memadati kompleks menuju makam Sunan Pojok Blora pada Rabu, 24 Agustus 2022. (Lilik Yuliantoro/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id – Puncak acara peringatan haul Sunan Pojok akan berlangsung pada Kamis, 25 Agustus 2022. Rangakaian acara mulai dari khotmil Quran dan tausiyah di kompleks makam, puncaknya ada pengajian akbar dengan tema Peka Sosial, Cerdas Menata Diri yang akan digelar di depan rumah dinas pendopo Bupati Blora.

Kemeriahan haul Sunan Pojok bahkan sudah terasa sehari sebelum acara puncak. Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) telah memadati akses jalan utama menuju makam mulai dari Jalan Alun-Alun Barat dan Selatan, Jalan Mr. Iskandar, Jalan Kenanga, dan Jalan Gatot Subroto.

Sejumlah petugas juga sedang sibuk mendirikan tenda dan panggung untuk pengajian akbar, tepat di depan rumah dinas Pendopo Bupati serta kawasan dalam Alun- Alun Blora.

Sedangkan di dalam komplek makam, beberapa pengunjung mulai berdatangan untuk berziarah, mengirimkan doa untuk Sunan Pojok dengan membaca Surat Yasin dan tahlil.

Salah satu pedagang jenang yang berasal dari Ambon, Bang Kumis (40) mengaku sudah datang ke Blora sejak Minggu, 21 Agustus 2022, bersama rekannya yang mencoba mengais keberuntungan di haul Sunan Pojok tahun ini.

“Saya datang sudah sejak Minggu kemarin, bersama enam teman saya berjualan jenang dan mainan anak- anak. Nanti akan jualan sampai hari Sabtu. Ini sudah rutin tahunan. Sebelumnya kita juga jualan di Haul Ngampel, Blora utara arah Rembang sana. Berburu rejeki dari para peziarah,” ucapnya.

Sementara itu Srinarti (28) salah satu peziarah asal kota Jepara mengaku sudah sejak Selasa, 23 Agustus 2022 berada di Blora, kedatangannya tak lain untuk mengirimkan doa dan ngalap berkah.

“Saya sampai Kamis, sekalian pengajian akbar. Saya setiap tahun selalu ke sini dan menginap. Tujuannya, ya, berdoa dan ngalap berkah, tapi tahun ini beda karena akan ada pengajian akbar jadi sekalian saja sampai Jumat pagi. Karena saya ingin mengabadikan momentum ini. Syukur- syukur bisa berfoto sama Bupati Blora,” jelasnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Blora akan melakukan pengalihan arus lalu lintas demi kelancaran acara. Pengalihan lalu lintas mulai dari timur (Jalan Pemuda) sebelum masuk Alun- alun dibelokkan ke selatan (Jalan Sumodarsono), dan ke utara (Jalan Tentara Pelajar).

Kemudian Jalan Kenanga juga ditutup. Sedangkan dari selatan, akses ke utara di Jalan Mr Iskandar ditutup dari perempatan GNI.

Dari arah barat (Jalan Gatot Subroto) ditutup dari perempatan Bank Panin. Kendaraan dilarang masuk kecuali parkir untuk menghadiri Haul Sunan Pojok.

Rangkaian acara Haul Sunan Pojok Blora sudah dimulai dari tanggal 21 Agustus 2022. Kegiatan hari pertama yaitu selapanan Majlis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Blora dengan menggelar pembacaan Rotib Al-Athos dan ngaji Sulamuttaufiq di Pendopo Makam Sunan Pojok Blora

Kedua, bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dilaksanakan sejak 23-25 Agustus di Alun-Alun Kota Blora

Ketiga, khotmil Quran bin nadir pada Rabu, 24 Agustus 2022 di pendopo Makam Sunan Pojok Blora dengan pembacaan tahlil oleh KH. Muhtadi Nur dan pembacaan doa oleh KH. Afifuddin.

Keempat, khotmil Quran bil hafdzi dilaksanakan pada Kamis, 25 Agustus 2022 oleh Jamiyyatul Qurro’ wal Huffadz Kabupaten Blora. Kemudian tahlil umum dan doa khotmil Quran bersama KH. Abdul Qoyyum Mansur dari Lasem, Rembang dilanjutkan doa oleh KH. Muharror Ali di Pendopo Makam Sunan Pojok Blora.

Terakhir, acara puncak yaitu Blora bersholawat dan pengajian umum bersama Habib Muh. Syafi’i bin Idrus Alaydrus dari Solo dan KH. Agus Ali Masyhuri dari Sidoarjo. (Lingkar Network | Lilik Yuliantoro – Koran Lingkar)

Exit mobile version