Jelang Penilaian Akreditasi, Sekolah di Kudus Lakukan Sejumlah Persiapan

sekolah di kudus

SERIUS: Siswa saat sedang serius mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah baru-baru ini. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Sejumlah sekolah di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus tengah melakukan persiapan untuk penilaian akreditasi. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan supaya hasil penilaian akreditasi bisa maksimal.

Koordinator Wilayah (Korwil) SD Kecamatan Jekulo Bidang Pendidikan, Fatah Hidayat menyampaikan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait penilaian akreditasi kepada sejumlah sekolah. Sosialisasi ini dilakukan untuk menyamakan persepsi ke sekolah di Kecamatan Jekulo yang akan mengikuti penilaian akreditasi.

“Kami sudah kumpulkan sekolah yang akan mengikuti penilaian akreditasi nanti,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan akreditasi merupakan agenda tahunan. Setiap sekolah, kata dia, harus siap untuk mengikuti penilaian akreditasi ini.

Sekolah di Kudus Optimis Ikuti Seleksi OSN Tingkat SD

“Ini sudah agenda tahunan. Akreditasi itu dari pihak sekolah daftar dulu lalu menunggu disetujui dari BAN SM (Badan Akreditasi Nasipnal Sekolah/Madrasah),” jelasnya.

Selanjutnya, ungkap Fatah, pihak sekolah akan menyiapkan segala kebutuhan untuk penilaian akreditasi. Diantaranya seperti kelengkapan administrasi sekolah.

“Itu nanti dari masing-masing sekolah mengakses link yang sudah disediakan BAN SM. Disitu sudah ada sekitar 58 poin perintah, nanti pihak sekolah tinggal mengikuti saja,” paparnya.

Fatah menyebutkan, penilaian akreditasi kali ini membutuhkan kelengkapan dokumen administrasi yang harus diunggah secara online. Sehingga, pihak sekolah harus teliti ketika mengunggah dokumen administrasi.

“Sekarang modelnya kan upload, kami sudah sampaikan ke sekolah-sekolah untuk menyiapkan hal itu, kita juga sampaikan bagaimana teknis uploadnya,” terangnya.

Cegah Kekerasan pada Siswa, Sekolah di Kudus Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

Pihaknya sendiri mengaku rutin memberikan pembinaan terkait kesiapan akreditasi tersebut. Setiap pengawas juga rutin melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah di wilayahnya.

“Persiapan akreditasi ini setiap saat ada pembinaan, guru sebagai abdi negara itu harus tertib waktu, tertib pakaian, tertib administrasi, ini setiap saat sudah disiapkan teman teman semua,” kata dia.

Di Kecamatan Jekulo sendiri, sedikitnya ada sekitar 26 sekolah yang akan mengikuti penilaian akreditasi pada tahun ini. Menurutnya, sekolah harus selalu siap untuk menghadapi penilaian akreditasi.

“Ini sambil jalan sambil pembinaan. Dari pengawasan nanti mendampingi supaya mereka tahu ada gambaran seperti apa,” pungkasnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version