Jelang Libur Nataru, Warga Batang Diimbau Tak Timbun Bahan Pokok

PASAR MURAH: Perum Bulog pastikan kebutuhan pokok tetapa aman jelang libur Nataru di Batang. (Dok. Web Pemkab Batang/Lingkarjateng.id)

PASAR MURAH: Perum Bulog pastikan kebutuhan pokok tetapa aman jelang libur Nataru di Batang. (Dok. Web Pemkab Batang/Lingkarjateng.id)

BATANG, Lingkarjateng.id – Jelang libur Natal dan tahun baru (Nataru) konsumsi kebutuhan bahan pokok mengalami peningkatan. Untuk mengantisipasi kebutuhan tersebut, Perum Bulog Pekalongan memastikan pasokan beras untuk masyarakat, khususnya di Kabupaten Batang, tetap tercukupi.

Kepala Perum Bulog Cabang Pekalongan, Ramadin Ruding, mengatakan bahwa Bulog telah menyiapkan strategi agar pasokan aman untuk menghadapi Nataru,.

“Jadi kalau stok kami 15 ribu ton, kalau kebutuhan masyarakat tiap bulan 3 ribu ton, berarti pasokan bisa mencukupi sampai 5 bulan ke depan,” katanya, belum lama ini.

Dirinya memastikan, masyarakat tidak perlu khawatir karena stok beras masih aman hingga beberapa bulan ke depan. Ditambah, musim panen juga segera tiba.

“Bulan Februari 2023 nanti, kami siap untuk memasuki masa panen,” ungkapnya.

Kendati memastikan stok beras aman, Bulog mengimbau masyarakat agar bijak dalam berbelanja di momen libur Nataru ini.

“Belilah komoditas secara bijak, jangan menyetok terlalu banyak, walaupun di Bulog ada. Jangan cemas, pasar buka setiap hari, jadi bisa belanja kapan saja, tidak perlu menimbun,” jelasnya.

Selain itu, Bulog juga menyelenggarakan operasi pasar murah untuk membantu meringankan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, salah satu konsumen, Iis warga Proyonanggan Tengah, mengungkapkan bahwa dirinya merasa terbantu dengan program operasi pasar murah, karena harga yang lebih murah dibandingkan pasar tradisional.

“Beli beras kualitasnya medium, minyak goreng sama gula pasir. Harganya juga lumayan murah beli di sini, per paketnya Rp 55 ribu,” ujarnya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)