Jawa Tengah Jadi Juara Umum PeSONas 2022

SIMBOLIS: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bercengkerama dengan dua atlet berkebutuhan khusus pada penutupan Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) 2022 di Kota Semarang, Kamis (7/7) malam. (Dok. Humas Pemprov Jateng/Lingkarjateng.id)

SIMBOLIS: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bercengkerama dengan dua atlet berkebutuhan khusus pada penutupan Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) 2022 di Kota Semarang, Kamis (7/7) malam. (Dok. Humas Pemprov Jateng/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara umum pada ajang Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) ke-1 tahun 2022 setelah kontingennya meraih medali terbanyak yakni 36 medali emas, 30 medali perak dan 22 medali perunggu.

“Medali bukanlah hal yang utama dalam PeSONas, namun memberikan ruang bagi mereka para atlet berkebutuhan khusus untuk berekspresi, berkumpul dan bertemu sekaligus menunjukkan talentanya adalah hal yang utama,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat penutupan PeSONas di Semarang, Kamis (7/7) malam.

Orang nomor satu di Jateng itu mengaku terharu sekaligus bangga karena bisa merasakan gairah dan semangat perjuangan dari para atlet yang bertalenta khusus ini.

“Dan saya berterima kasih karena panitia memberikan medali pada semua atlet sehingga mereka punya rasa kebanggaan luar biasa dan hari ini mereka bisa bertemu dengan teman-teman seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ganjar berharap ajang PeSONas berikutnya yang akan digelar di Kalimantan Utara bisa terselenggara dengan baik dan seluruh provinsi di Indonesia bisa mengirimkan atletnya untuk berlaga.

“Jateng sudah menggelar yang pertama dan pecah telur, mudah-mudahan nanti semua punya perhatian pada mereka (atlet penyandang disabilitas),” katanya.

Tak hanya tingkat nasional, Ganjar juga mendorong agar atlet-atlet bertalenta khusus itu bisa berlaga di ajang internasional.

“Selama ini sudah ada event internasional, seperti paralympic dan event lainnya. Tentu akan kami dorong agar anak-anak ini bisa terus berlaga di ajang internasional. Setelah ini ada event internasional di Jerman, kami harap anak-anak bisa mengikuti,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga secara langsung menyampaikan terima kasih kepada orang tua atlet dan jajaran pelatih. Ganjar yang hadir secara langsung menyemangati para atlet PeSONas saat bertanding, merasakan perjuangan orang tua dan tim pelatih.

“Buat orang tua yang mendampingi anak-anak, Anda semua orang tua luar biasa. Anda orang tua hebat sekali karena memberikan support kepada anak-anak bertalenta khusus ini. Jangan pernah menyerah menjaga titipan Tuhan yang hebat-hebat ini,” kata Ganjar disambut tepuk tangan bergemuruh dari para peserta yang hadir pada penutupan PeSONas 2022.

Pada ajang PeSONas yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 3-8 Juli 2022, Jawa Tengah menjadi juara umum diikuti Provinsi Jawa Barat dan Kalimantan Selatan.

Jawa Barat menduduki peringkat kedua dengan perolehan 27 medali emas, 10 medali perak dan 24 medali perunggu, sedangkan juara ketiga diraih Kalimantan Selatan dengan perolehan 18 medali emas, 8 medali perak dan 8 medali perunggu.

Sementara itu, salah satu orang tua atlet PeSONas asal Jawa Barat, Rukman mengaku sangat bangga bisa melihat anaknya tampil di ajang nasional, meski mengalami keterbelakangan.

“Suatu kebanggaan yang tidak ternilai, tidak bisa diukur dengan materi. Bangga sekali,” ujarnya yang sepakat dengan pernyataan Gubernur Ganjar Pranowo untuk selalu menjaga anaknya.

Menurut dia, orang tua dari atlet berkebutuhan khusus tidak boleh menyerah dan harus tetap semangat.

“Pak Ganjar betul, bahwa kita tidak boleh menyerah. Bagaimana pun itu anak saya, yang harus saya rawat dan bimbing agar terus maju,” katanya.

Ia sempat meneteskan air mata karena haru dan bangga dengan pengakuan dari Ganjar Pranowo

“Kalau di kampung, anak seperti itu jarang diperhatikan, tapi di sini sangat dihargai dan diperhatikan, jadi saya sangat gembira sekali,” katanya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version