Ikuti Kompetisi Sains, MTs Tarbiyatul Banin Pati Sukses Boyong Ratusan Medali dalam Sehari

Ikuti Kompetisi Sains, MTs Tarbiyatul Banin Pati Boyong 180 Medali dalam Sehari

MENJELASKAN: Kepala MTs Tarbiyatul Banin, H. Yusuf Hasyim saat menjelaskan tentang prestasi yang diraih oleh lembaga pendidikan yang ia pimpin. (Ika Tamara Dewi/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Banin yang berlokasi di Kecamatan Winong, Kabupaten Pati berhasil memborong 180 medali dalam sehari. Torehan prestasi tersebut diperoleh melalui tiga ajang kompetisi sains tingkat Nasional.

Kompetisi bergengsi tersebut yakni Kompetisi Gelora Merah Putih (KGMP) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Event Cerdas, kemudian pada event Master Science Competition (MSC) dan Indonesian Applied Science Competition (IASC) pada tanggal 21 Agustus 2022 lalu.

Kepala MTs Tarbiyatul Banin, H. Yusuf Hasyim mengatakan bahwa pada event KGMP Tim Sains MTs Tarbiyatul Banin berhasil memboyong sebanyak 51 medali terdiri dari mata pelajaran (mapel) PKn sebanyak 8 medali, mapel Pendidikan Agama Islam sebanyak 7 medali, mapel Matematika sebanyak 4 medali, dan mapel IPS sebanyak 10 medali.

Sedangkan pada event Master Science Competition (MSC) siswa-siswi MTs Tarbiyatul Banin berhasil memperoleh 4 medali mapel IPA. Sementara, pada event Indonesian Applied Science Competition (IASC) memperoleh 125 medali, yaitu mapel Bahasa Indonesia sebanyak 14 medali, mapel PKn sebanyak 15 medali, mapel PAI sebanyak 35 medali, mapel IPS sebanyak 18 medali, mapel Matematika sebanyak 10 medali, dan mapel IPA sebanyak 33 medali.

“Total perolehan sebanyak 180 medali, terdiri dari 25 medali emas, 60 medali perak, 57 medali perunggu, dan 38 contender,” kata H.Yusuf Hasyim.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan bahwa prestasi yang didapatkan tersebut merupakan hasil kerjasama seluruh teamwork MTs Tarbiyatul Banin. Pasalnya, memang lembaga pendidikan yang ia pimpin memiliki beberapa konsentrasi program salah satunya sains. Selain itu, ia juga menilai bahwa seluruh prestasi tersebut tak bisa lepas dari SSB (Sanggar Sains Banin) yang memang sengaja dibentuk untuk menunjang prestasi siswa di bidang Sains.

Pihaknya berharap agar ke depan prestasi yang telah ditorehkan dapat meningkat. Pihaknya juga mengatakan adanya banyak target yang ingin diraih untuk mengharumkan nama Kabupaten Pati bahkan Indonesia.

“Saya sampaikan terima kasih kepada guru pembimbing SSB yang tanpa lelah berjuang untuk menorehkan prestasi,” tandasnya. (Lingkar Network | Ika Tamara Dewi – Koran Lingkar)

Exit mobile version