HUT ke-51 Korpri, Bupati Demak Ingatkan ASN Pegang Prinsip Nasionalisme

HUT-ke-51-Korpri,-Bupati-Demak-Ingatkan-ASN-Pegang-Prinsip-Nasionalisme

SIMBOLIS: Bupati Demak Eisti'anah menyerahkan penghargaan lencana Satyalancana Karya Satya kepada anggota Korpri. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.id Puncak HUT ke-51 Korpri diperingati dengan upacara bendera di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Demak pada Selasa, 29 November 2022. Bupati Demak Eisti’anah bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam pelaksanaan upacara bendera tersebut, Bupati Demak juga menyerahkan penghargaan lencana Satya Lencana Karya Satya kepada 3 anggota korpri yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Bupati Demak menyampaikan, bahwa Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di mana pun berada merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Semarak HUT ke-51 Korpri, Ribuan Peserta Meriahkan Jalan Sehat di Demak

Oleh karena itu, Bupati Demak meminta Korpri harus selalu memegang prinsip nasionalisme bangsa Indonesia yang dilandasi nilai-nilai Pancasila.

“Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai dasar bagi setiap ASN yang harus dipegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama yakni berakhlak. Nilai-nilai ASN berakhlak memiliki makna filosofis pada budaya organisasi yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif guna mendukung percepatan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur, serta memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan,” katanya.

Menurutnya, HUT ke-51 Korpri yang mengambil tema ‘Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri’, pada dasarnya Korpri memberikan pelayanan publik yang lebih menarik, atraktif, kreatif untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Maka Korpri harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Dengan merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani, tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat, hendaknya bekerja dengan ikhlas dan tuntas, berintegritas dan profesionalitas, mampu melahirkan inovasi-inovasi baru bagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya sehingga masyarakat merasa terlindungi, terayomi, dan merasa hidup dalam kebersamaan, merasa tidak terasingkan atau terpinggirkan, sehingga keberadaan Korpri dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” terangnya.

Bupati Demak berharap, Korpri selalu memperkuat soliditas dan kerja sama dengan segenap komponen bangsa dalam menegakkan fungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, serta memegang teguh core values ASN, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

“Selain itu juga melakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, ubah cara pikir, dan cara bekerja, dan terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan,” harapnya.

Lebih lanjut, ia meminta Korpri dapat menciptakan birokrasi yang transparan dan akuntabel dan bangun pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Antisipasi dini terhadap berita hoax, fitnah, politik identitas, polarisasi, dan potensi konflik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024,” pungkasnya.

Dalam rangkaian acara peringatan HUT Korpri sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan, seperti jalan sehat pada pekan lalu yang diikuti ribuan peserta terdiri dari anggota Korpri siswa siswi sekolah dan masyarakat umum.

Kemudian lomba kebersihan Taman Kali Tuntang yang berada di sepanjang jalan Kyai Singkil. Kemudian melakukan ziarah dan tabur bunga di TMP Cahya Ratna Bintarum.

Selain itu, anggota Korpri Kabupaten Demak juga melaksanakan bakti sosial dengan menggalang dana dari anggota untuk diserahkan kepada PMI cabang Demak guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian, melaksanakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI cabang Demak yang dilaksanakan di Hall Setda. Kemudian juga dilaksanakan lomba tumpeng yang diikuti seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Pada puncak acara peringatan HUT ke-51 Korpri diakhiri dengan selamatan dan doa bersama. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version