Harkitnas di Demak, Bupati Eisti’anah Ajak Bangkit dari Pandemi

Harkitnas di Demak, Bupati Eisti'anah Ajak Bangkit dari Pandemi

KHIDMAT: Bupati Eisti'anah memimpin upacara Harkitnas di Demak. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.idBupati Demak Eisti’anah bertindak selaku Inspektur Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, yang berlangsung di halaman Sekretariat Daerah, Jum’at (20/5). Perayaan Harkitnas di Demak diikuti peserta terbatas dari unsur TNI, POLRI, dan PNS. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Eisti’anah membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate menyampaikan. “Pada tahun 2022 hari kebangkitan Nasional yang ke-114 memiliki tema “Ayo Bangkit Bersama”. Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.”

Disampaikan pula sejarah kebangkitan Nasional, Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. 

Konstruksi Tol Semarang-Demak Ditargetkan Selesai Akhir Tahun 2022

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah.

Sementara itu, dalam sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, dapat dilihat bahwa upaya kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022). Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Penanganan Covid-19 yang membaik berdampak positif pada aktivitas masyarakat yang kembali normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional.

Kabupaten Demak Raih 6 Besar Pelayanan Publik Terbaik

Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

Turut hadir dalam upacara tersebut yakni Kapolres Demak PJ Sekda Eko Pringgolaksito beserta Asisten, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, dan perwakilan kantor Kemenag. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version