Hari Pramuka, Pj Bupati Jepara Ajak Bangun Mental dan Jiwa Patriotik

Hari Pramuka, Pj Bupati Jepara Ajak Bangun Mental dan Jiwa Patriotik

MENYEMATKAN: Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta saat menyematkan penghargaan kepada salah seorang pegiat Pramuka. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 di lapangan Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara pada Minggu, 14 Agustus 2022. 

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menyerahkan penghargaan kepada pegiat Pramuka Jepara dari Kwartir Nasional. Penghargaan ini diberikan kepada 41 pegiat Pramuka di Jepara yang terdiri dari 3 orang penghargaan Dharma Bhakti, 1 orang Karya Bhakti, 2 Pramuka Teladan, dan 35 Pancawarsa I-VI. Ia berharap, Pramuka semakin matang dalam memantapkan peran dan sumbangsih bagi pembangunan bangsa. 

“Khususnya dalam membangun tunas-tunas muda Jepara yang memiliki mental dan kepribadian yang kokoh serta berjiwa patriotik,” kata Pj Bupati Jepara.

Di momentum peringatan Hari Pramuka ini, Pj Bupati Jepara mengajak semuanya untuk membangun mental dan jiwa yang tangguh untuk bangkit dari keterpurukan selama pandemi. Untuk itu, tambahnya, dibutuhkan karakter yang tahan banting, disiplin, dan siap menghadapi berbagai tantangan. 

“Melalui Gerakan Pramuka ini, jiwa dan karakter ini bisa terbentuk sejak dini dalam mewujudkan pengabdian tiada henti,” jelas Pj Bupati Jepara.

Lebih lanjut, Pj Bupati Jepara juga meminta agar adik-adik Pramuka terus belajar tanpa henti. Hal ini karena di era globalisasi yang kompetitif diperlukan bekal ilmu pengetahuan yang banyak, agar menjadi pribadi yang mampu memecahkan masalah, adaptif, dan fleksibel terhadap perkembangan zaman. 

“Namun yang terpenting jangan sampai meninggalkan identitas bangsa dan daerah. Nilai-nilai sejati Pancasila harus diamalkan, menjaga NKRI, dan merawat Kebhinekaan,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version