Hadapi Resesi 2023, Pemkab Demak Siapkan Langkah Preventif

TALK SHOW: Bupati Demak, Eisti’anah (kiri) saat talk show Kilas Balik Capaian Visi Pemerintah Kabupaten Demak, di studio RSKW 104.8 FM, pada Senin, 9 Januari 2023. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

TALK SHOW: Bupati Demak, Eisti’anah (kiri) saat talk show Kilas Balik Capaian Visi Pemerintah Kabupaten Demak, di studio RSKW 104.8 FM, pada Senin, 9 Januari 2023. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak siapkan berbagai langkah preventif dalam menghadapi resesi 2023. Hal ini disampaikan Bupati Demak, Eisti’anah, dalam talk show Kilas Balik Capaian Visi Pemerintah Kabupaten Demak di studio RSKW 104.8 FM pada Senin, 9 Januari 2023.

Bupati Eisti’anah menyampaikan bahwa di tahun 2022 upaya pemkab untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat agar lebih sejahtera telah dilakukan. Seperti distribusi bansos, pelatihan wisata, pelatihan keterampilan diri melalui BLK (balai latihan kerja), pemberdayaan masyarakat, perizinan home industry serta control dan pengendalian harga pangan.

“Berbagai kegiatan sudah kita jalankan sesuai dengan perencanaan awal. Lewat program-program unggulan, kita berusaha meningkatkan taraf kehidupan masyarakat agar lebih sejahtera,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Demak terus dipantau perkembangannya. Untuk prediksi resesi ekonomi di tahun 2023, Pemkab Demak masih terus mengkaji upaya preventifnya. Selain itu, sebagian persiapan serta strategi juga sudah dijalankan sesuai arahan dari provinsi maupun pusat.  Diantaranya dengan penyelesaian distribusi bantuan sosial dan memaksimalkan upaya ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Demak.

“Mulai dari jauh hari, kami sudah melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi dan terus memantaunya setiap saat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eisti’anah juga menyampaikan sejumlah capaian visi misi Pemkab Demak selama setahun terakhir. Beragam prestasi yang telah didapatkan antara lain peringkat I Monitoring Center For Prevention Komisi Pemberantasan Korupsi (MCP KPK), Juara I Anugerah Pesona Indonesia Kategori Destinasi Wisata Belanja (Asap Indah Wonosari), Rekor Dunia MURI Pemrakarsa dan Penyelenggara Pawai Delman Terbanyak pada acara Grebeg Besar.

“Tentu hal ini tidak hanya dilakukan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) saja namun juga merupakan kerjasama antar OPD dan pemangku kepentingan di lingkungan pemerintah Kabupaten. Karena kita selalu bersinergi, berkoordinasi bersama untuk wujudkan Demak yang lebih baik lagi,” bebernya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version