H+4 Lebaran, Arus Balik Jalur Pantura Demak Ramai Lancar

H+4 Lebaran, Arus Balik Jalur Pantura Demak Ramai Lancar

RAMAI: Kondisi arus lalu lintas di Jalur Pantura Demak saat H+4 Lebaran. (Antaranews/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.id Lalu lintas arus balik kendaraan yang melintasi jalur Pantura Timur Demak-Kudus dari arah Semarang menuju Surabaya atau sebaliknya pada arus balik H+4 Lebaran 2022, Sabtu (07/05) ramai lancar.

Berdasarkan pantauan dari ruas Demak di Karanganyar dan di perbatasan Kudus dengan Demak di Gerbang Kudus Kota Kretek Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, lalu lintas dari arah Semarang menuju Surabaya maupun sebaliknya terpantau ramai lancar.

Kendaraan dengan plat luar kota seperti E, F, T, A, D maupun W tampak melintas, baik dari arah Semarang maupun dari arah Surabaya. Sebagian di antaranya membawa barang bawaan di atap mobil yang menjadi salah satu ciri khas pemudik.

H+2 Lebaran, Lalu Lintas Jalur Pantura Demak Alami Peningkatan

“Dimungkinkan hari Sabtu (7/5) ini merupakan puncak arus balik karena tanggal 9 Mei 2022, tentunya sudah mulai masuk kerja. Dari sisi tingkat keramaian kendaraan yang melintas memang ada peningkatan dibandingkan sebelumnya,” kata Kepala Pos Pengamanan (Pospam) Sayung Demak, AKP Sugito di Demak, Sabtu (07/05).

Menurutnya, pada Sabtu (07/05), Jalur Pantura Demak cenderung dipenuhi kendaraan baik dari arah Semarang menuju Surabaya maupun Surabaya menuju Semarang. Namun, kondisinya ramai lancar dan tidak ada kemacetan.

Sejak arus mudik hingga arus balik Lebaran ini, kata dia, para pemudik dinilai cukup waspada dan hati-hati selama di jalan karena kasus kecelakaan lalu lintas nihil.

Ditinggal Mudik, Petugas Patroli Perumahan di Demak

“Kami ingatkan, tetap waspada meskipun kondisi jalanan cukup lancar. Jika kelelahan lebih baik istirahat dan jangan memaksakan berkendara,” ujarnya.

Kepala Pos Pelayanan Terminal Induk Jati Kudus, AKP Uji Andi menambahkan, hingga Sabtu (07/05), arus balik yang melintasi Jalur Pantura Timur Kudus memang terlihat lebih ramai dibandingkan hari sebelumnya.

Suasana ramai, kata dia, juga terlihat di dalam Terminal Induk Jati Kudus, karena setiap sore hari penuh dengan penumpang yang hendak mudik ke berbagai kota, mulai dari Bandung hingga Jakarta.

Ia memperkirakan, Hari Sabtu (07/05) menjadi puncak arus balik. Hal ini mengingat puncak libur Lebaran berakhir Minggu (08/05) dan Senin (09/05) aktivitas kerja mulai normal kembali.

“Bagi pemudik yang balik hari ini (07/05) tentunya akan mendapatkan keuntungan bisa beristirahat lebih panjang pada hari Minggu (08/05) sebelum masuk kerja,” katanya.

Objek Wisata Demak Digeruduk Pengunjung, Pengelola Diminta Perketat Keamanan

Sementara, arus balik di jalur pantura Semarang-Demak maupun sebaliknya pada Sabtu (07/05) mengalami peningkatan jumlah kendaraan. Peningkatan kendaraan terutama pada sore hari dari kedua arah jalur Demak-Semarang dan sebaliknya.

Kapolres Demak, AKBP Budi Adhy Buono terjun langsung di lapangan didampingi PJU Polres Demak dan Satlantas guna memantau intensitas volume kendaraan arus balik di perbatasan, tepatnya di Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Menurut Kapolres Demak, volume kendaraan saat pagi hari masih lengang namun saat siang hari mengalami peningkatan.

“Kepadatan kendaraan terjadi pada sore hari di perbatasan dari kedua arah, kondisi ramai dan lancar tanpa kendala,” jelas Kapolres Demak melalui unggahan video media sosial Humas Polres Demak.

Disampaikan pula, bahwa pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan, mulai dari Kecamatan Karangtengah hingga Kecamatan Sayung.

U turn yang ada di wilayah tersebut hanya untuk putaran kendaraan roda dua. Namun bagi kendaraan roda empat, putaran melalui U turn yang ada di Daleman, Kecamatan Sayung. Kepada seluruh pengguna jalan untuk dapat mempersiapkan kendaraannya dan mematuhi rambu lalu lintas,” ujar Kapolres. (Lingkar Network | Koran Lingkar)