Gus Yasin Optimis Kafilah Jateng Masuk 3 Besar MTQ XXIX di Kalimantan

Gus Yasin Optimis Kafilah Jateng Masuk 3 Besar MTQ XXIX di Kalimantan

PENGARAHAN: Gus Yasin saat menghadiri persiapan dan pelatihan calon peserta MTQ. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.idPemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan masuk tiga besar pada Musabaqah Tilawatil Qur’an XXIX di Kalimantan Selatan. Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyebut kafilah asal Jawa Tengah yang berangkat telah dipersiapkan secara matang dan sudah lama sebelum kompetisi.

“Saya juga menghadiri saat persiapan dan pelatihan para calon peserta. Melihat mereka (peserta) saya optimis Jateng bisa masuk tiga besar pada MTQ tahun ini,” kata Gus Yasin sapaan akrab Taj Yasin Maimoen di Semarang, pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Sebanyak 139 orang kafilah telah diberangkatkan pada Minggu, 9 Oktober 2022 lalu. Gus Yasin berharap seluruh kafilah bisa mengikuti kompetisi tanpa halangan apapun.

Menyinggung kesiapan Kafilah Jateng, Gus Yasin memastikan mereka telah dipersiapkan secara mental maupun materi. Menurutnya, selama latihan, kontingen dari Jateng diberikan fasilitas dan pelatihan yang menyerupai kompetisi yang akan diikuti. 

“Para peserta dilatih dan dibuatkan skenario menyerupai kompetisi. Ada beberapa tahap latihannya. Hal ini, dilakukan untuk membentuk mental mereka. Jadi, begitu mengikuti kompetisi, mereka tidak kaget,” papar Gus Yasin.

Lebih jauh, Gus Yasin berpesan agar para Kafilah menjaga kondisi tubuh tetap fit. Menurutnya, mengikuti kompetisi selama berhari-hari bisa membuat tubuh drop. Oleh karenanya, ia meminta kontingen Jateng disiplin mengatur waktu, dan mengikuti arahan ketua kontingen.

“Jangan terlalu diforsir. Ikuti arahan Ketua Kontingen. Disiplin atur waktu, termasuk waktu istirahat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, 139 Kafilah dari Jawa Tengah terdiri dari 56 peserta dan pendamping. Mereka mengikuti seluruh cabang lomba dan golongan. Ada 8 cabang dan 23 golongan yang dilombakan. Sebanyak 8 cabang yang dilombakan adalah seni baca Al-Qur’an, qira’at Al-Qur’an, hafalan Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, Fahm Al-Qur’an, Syarh Al-Qur’an, seni kaligrafi Al-Qur’an, dan karya tulis ilmiah Al-Qur’an. (Lingkar Network | Mualim – Koran Lingkar)

Exit mobile version