Gelar Karya P5, Siswa SMP di Kudus Diajak Restorasi Lingkungan

KREATIF: Para pelajar SMP Masehi Kudus memamerkan hasil karyanya dalam Gelar Karya P5 yang bertajuk SPASHTIV (SMP Masehi Kudus Festival Vol. 1 dengan konsep Restorasi Lingkungan dan Beraksi) pada Kamis, 13 April 2023. (Ihza Fajar/Lingkarjateng.id)

KREATIF: Para pelajar SMP Masehi Kudus memamerkan hasil karyanya dalam Gelar Karya P5 yang bertajuk SPASHTIV (SMP Masehi Kudus Festival Vol. 1 dengan konsep Restorasi Lingkungan dan Beraksi) pada Kamis, 13 April 2023. (Ihza Fajar/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – SMP Masehi Kudus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 sekaligus Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan berbagai rangkaian acara selama tiga hari, yakni mulai Kamis, 13 April 2023 hingga Sabtu, 15 April 2023. Rangkaian kegiatan tersebut bertempat di Gedung Aula dan Lapangan SMP Masehi Kudus.

Kegiatan tersebut diberi nama SPASHTIV, yang merupakan kepanjangan dari SMP Masehi Kudus Festival Vol. 1 dengan konsep Restorasi Lingkungan dan Beraksi.

“Dijelaskan oleh Bapak Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widodo bahwa ini merupakan puncak proses pembelajaran di Kurikulum Merdeka yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9,” ujar Kepala SMP Masehi, Margareta Hani Pramono.

Disdikpora Kudus Dorong Organisasi Kepemudaan Ikuti Langkah HMI Bangun Kecerdasan di Ruang Digital

Ia menyatakan, tema P5 yang diangkat untuk kelas VII adalah “Bangunlah Jiwa dan Raganya,” dengan sub tema Anti Bullying atau Perundungan. Kemudian, tema P5 untuk kelas VIII yakni “Memanfaatkan Barang-Barang Bekas”. Sementara, tema yang dipilih untuk kelas IX adalah “Memanfaatkan Barang Ramah Lingkungan”.

“Tema tahun ini agar anak lebih cinta terhadap lingkungan dengan di dalamnya kami hadirkan tari nusantara, paduan suara, drama musikalisasi, band, hingga stand UMKM,” ujarnya.

Margareta menyebut ada dua spot kegiatan, yang berada di dalam gedung untuk hasil karya anak-anak. Sementara, spot di luar untuk stand UMKM dan panggung musik.

Ia menyatakan bahwa stand UMKM yang ada ini berkat kerja sama antara wali murid dan masyarakat sekitar.

“Kami bikin tempat untuk anak dapat mengeskplorasikan bakat dan keterampilan mereka, dan kami juga sediakan kurang lebih 30 stand bagi mereka yang punya usaha, kami berikan tempat untuk berjualan berwirausaha,” tuturnya.  

Disdikpora Kudus Gelar Sosialisasi Pengerjaan Dapodik Versi 2023

Selain itu, lanjut Margareta, terdapat berbagai lomba-lomba dan workshop. Seperti lomba mewarnai dan menggambar, lomba menyanyi, lomba cerdas cermat, workshop eco enzyme, workshop cinematography, dan workshop eco craft oleh bank sampah.

“Kami lihat antusias mereka sangat bersemangat karena jarang ada kegiatan seperti ini. Jadi mereka sangat mempersiapkan hal ini dengan baik, terlebih ada sekitar 200 anak yang mendaftar untuk mengikuti lomba, mulai dari PAUD, SD, dan SMP. Sedangkan untuk workshop, kami berikan narasumber yang berkualitas karena ini nantinya akan sangat berguna bagi mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap di Hari Ulang Tahun ke-59 SMP Masehi dapat selalu memberikan sumbangsih kepada Kota Kudus, terutama di bidang pendidikan.

“Harapan kami dengan nilai lite dan IKM yang ada, jadi anak bisa lebih cerdas, lebih berkarakter, dan beretika nantinya,” pungkasnya. (Lingkar Network | Ihza Fajar – Koran Lingkar)

Exit mobile version