Festival Tong-Tong Klek Rembang 2022 Dijadwalkan Pada 27-28 April Mendatang

Festival Tong-Tong Klek Rembang 2022 Dijadwalkan Pada 27-28 April Mendatang

Festival tong-tong klek Rembang 2022 yang akan digelar pada tanggal 27-28 April. (Dok. Pemkab Rembang/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang telah menentukan skema baru pelaksanaan, tanggal, dan tempat pagelaran festival tong-tong klek. Ada alasan tertentu taman rekreasi Pantai Kartini dipilih untuk menjadi lokasi panggung peserta tong-tong klek.

Kepala Dinbudpar Kabupaten Rembang, Muttaqin menyampaikan, ada beberapa alasan mengapa taman rekreasi Pantai Kartini dipilih sebagai lokasi panggung festival tong-tong klek, salah satunya untuk mendongkrak kembali eksistensi taman rekreasi Pantai Kartini sebagai wisata yang pernah populer.

“Selama 2 tahun pandemi, rasanya sangat sepi di taman rekreasi Pantai Kartini. Sehingga kami mengingatkan masyarakat bahwa taman kartini ini masih ada,” ucapnya.

Muttaqin menambahkan, mengingat masih pandemi, konsep festival tong-tong klek kali ini tidak keliling, tetapi terpusat di taman rekreasi Pantai Kartini pada tanggal 27 April dan 28 April 2022. Tanggal 27 April babak seleksi dan grand final pada tanggal 28 April.

Festival Moroworo, Ajang Pasarkan Hasil Alam Rembang

“Dua malam berturut- turut semua main di panggung terus,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Muttaqin, lokasi taman rekreasi Pantai Kartini yang tertutup dapat mempermudah pengawasan jumlah pengunjung yang datang pada saat festival dimulai. Mengingat sesuai aturan PPKM level 2, pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas yang ada.

Bagi yang belum bisa menonton secara langsung karena terbentur kapasitas yang terbatas, atau tidak dapat hadir karena jarak yang jauh, Dinbudpar juga telah menyiapkan fasilitas tayangan live streaming melalui akun Youtube Dinbudpar.

Semarang Night Festival 2022 Bakal Hadirkan Pemain Timnas Pratama Arhan

“Kembali lagi kita masih pada PPKM level 2, kita maksimalkan 50 persen dari kapasitas yang ada. Maka dari itu, untuk memfasilitasi keterbatasan penonton, nanti tong-tong klek kita gelar secara live streaming,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk masyarakat yang ingin datang langsung ke lokasi, tidak perlu risau terkait adanya tiket masuk taman rekreasi Pantai Kartini, karena khusus pada pagelaran festival tong-tong klek kali ini tidak ada biaya tiket masuk alias gratis.

“Atas arahan dan petunjuk dari Bapak Bupati, berilah kesempatan kepada masyarakat untuk bisa menikmati penampilan tong-tong klek dari para seniman ini. Sehingga, untuk penonton nanti kita bebaskan dari penarikan retribusi atau bayar tiket di taman rekreasi Pantai Kartini,” pungkasnya. (Lingkar Network | R. Teguh Wibowo – Koran Lingkar)

Exit mobile version