ESDM Kendeng Selatan Targetkan 1.600 Rumah Tangga Sambungan Baru Listrik Gratis

POTRET: Nampak meteran listrik terpasang di rumah warga. (Lilik Yuliantoro/Lingkarjateng.id)

POTRET: Nampak meteran listrik terpasang di rumah warga. (Lilik Yuliantoro/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Kendeng Selatan menargetkan pemasangan 1.600 Sambungan Rumah (SR) listrik melalui Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) pada tahun 2023. Salah satunya pemasangan 653 sambungan baru listrik di Kabupaten Blora.

Kepala Cabang Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan, Teguh Yudi Pristiyanto menyampaikan kan bahwa wacana penghapusan daya listrik 450 VA tidak berpengaruh terhadap program BPBL.

Bahkan pada tahun 2023, pihaknya mendapat kuota 1.600 SR untuk tiga kabupaten, yakni Blora, Rembang dan Grobogan.

“Kami belum menerima surat resmi dari Kementerian ESDM, sehingga informasi tersebut tidak benar. Tahun 2023 masih berlanjut dengan kuota untuk tiga kabupaten, tetap 1.600 SR,” ucapnya, pada Minggu, 18 September 2022.

Teguh mengungkapkan bahwa hingga saat ini pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk pemerataan akses listrik yang diukur dari rasio elektrifikasi dan rasio desa berlistrik.

Seperti program BPBL, dirinya mengatakan, program tersebut bertujuan untuk membantu proses belajar anak-anak pada malam hari, tersedianya akses informasi dan hiburan melalui pemanfaatan listrik untuk media elektronik, serta meningkatkan taraf kehidupan dengan memanfaatkan listrik untuk kegiatan ekonomi produktif.

Sedangkan untuk untuk mengikuti program gratis ini, masyarakat harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dulunya disebut Basis Data Terpadu (BDT).

“Caranya dengan mendaftar melalui desa dengan mengirimkan nama, NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan alamat dikirim ke cabang Dinas ESDM wilayah Kendeng Selatan. Data tersebut akan diverval di PLN. Setelah lolos verval, NIK yang masuk BDT dilengkapi foto copy KTP dan KK serta foto rumah. NIK tersebut nantinya dimasukkan ke pengajuan penerima listrik murah untuk APBD perubahan 2023 atau APBD murni 2024,” jelasnya.

Di tahun 2022, imbuhnya, Cabang Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan mendapat kuota sebanyak 1.675 SR yang terbagi di tiga kabupaten.

“Rembang ada 659 SR yang akan dipasang, ditambah 75 dari intervensi PKE (Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim). Blora ada 653 SR dan Grobogan 288 SR,” tandasnya. (Lingkar Network | Lilik Yuliantoro – Koran Lingkar)

Exit mobile version