Dukung Pembangunan Kesehatan, Pj Bupati Pati Dorong Peningkatan Angka Harapan Hidup

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Tingkat derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu faktor tercapainya pembangunan daerah. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Penjabat atau Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, melakukan berbagai upaya untuk peningkatan kesehatan di Kabupaten Pati menjadi lebih baik.

Pj Bupati Pati Henggar mengatakan bahwa pembangunan kesehatan merupakan salah satu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024. Upaya ini terus didorong dengan sasaran peningkatan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat baik melalui upaya kesehatan maupun pemberdayaan masyarakat.

Pj Bupati Pati Dorong Masyarakat Terapkan Budaya Hidup Bersih Sehat

“Misi pertama yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sehingga penyelenggaraannya akan meningkatkan harapan hidup ke depan,” ujarnya, saat membuka Rakor Bidang Kesehatan pada Senin, 13 Maret 2023.

Diketahui peningkatan angka harapan hidup itu bergantung pada keberhasilan dalam menanggulangi penyakit menular, penyakit terkait kehamilan dan neonatal, serta penyakit-penyakit terkait gizi. 

2023, 24 Desa di Pati Ditetapkan Jadi Lokasi Fokus Stunting

“Terkait upaya peningkatan kesehatan masyarakat, maka telah kita dukung perlindungan finansial dan peningkatan pelayanan kesehatan, yang akan mewujudkan masyarakat mandiri pasca pandemi,” terangnya.

Selain fokus meningkatkan angka harapan hidup, pembangunan kesehatan di Pati juga menyasar pada upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi serta penurunan prevalesnsi undernutrisi pada balita atau stunting.

Sebagai informasi, dengan semakin tinggi angka harapan hidup di suatu daerah menandakan adanya perbaikan status kesehatan masyarakat termasuk termasuk peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan. (Lingkar Network | Khairul Mishbah – Koran Lingkar)

Exit mobile version