DPRD Pati Usulkan Terkait Pemberdayaan Masyarakat Desa

DPRD Pati Usulkan Terkait Pemberdayaan Masyarakat Desa

POTRET: Anggota komisi B DPRD Pati, Narso. (Instagram @humas_dprdpati/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Sebagai organisasi atau lembaga yang membawahi masyarakat desa, sudah seharusnya Pemerintah Desa (Pemdes) bekerja lebih demi kesejahteraan masyarakat desa. Berbagai program desa yang ada di Kabupaten Pati saat ini nampaknya tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati memberikan beberapa usulan kepada Bupati Haryanto untuk bersama-sama memberdayakan masyarakat desa, di mana usuluan tersebut dibacakan oleh anggota DPRD Pati, Narso.

Banyaknya program pemberdayaan masyarakat yang telah ada, diharapkan mampu ditingkatkan kembali, seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Penyediaan Air Minum Sanitas Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma), dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

DPRD Pati Harap Akses Menuju Pantai Kertomulyo Diperbaiki

“Pada usulan selanjutnya, DPRD Pati meminta kepada Bupati Pati agar memantau, mengevaluasi, dan mengoptimalkan pelaksanaan program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat desa (eks PNPM), PAMSIMAS, BUMDesma, dan BUMDes,” tutur Narso.

Peranan perangkat desa pun tak luput dari sorotan DPRD Pati. Terlebih, banyaknya aduan masyarakat akan buruknya pelayanan pemerintah desa. DPRD Pati pun meminta peningkatan kompetensi perangkat desa dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi agar lebih efektif dan efisien.

“Pemerintah Kabupaten Pati agar memfasilitasi peningkatan kompetensi Aparatur Pemerintah Desa dalam pelaksanaan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi yang bertujuan agar implementasi efektif, efisien, dan tepat sasaran,” tambah Narso.

Dengan mengoptimalkan program desa yang telah ada dan meningkatkan kompetensi perangkat desa, diharapkan mampu menjadikan masyarakat Kabupaten Pati mandiri dan sejahtera. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version