DLH Bakal Perketat Penjagaan Car Free Day Pati

DLH-Bakal-Perketat-Penjagaan-Car-Free-Day-Pati

OLAHRAGA: Animo masyarakat begitu tinggi dalam menyemarakkan kegiatan Car Free Day Pati, Minggu (3/7). (Ika Tamara Dewi/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idCar Free Day Pati kembali digelar untuk kedua kalinya paska pandemi, Minggu (3/7). Selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyelenggarakan kegiatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati terus melakukan evaluasi.

Kepala DLH Kabupaten Pati, Mokhamat Tulus Budiharjo mengungkapkan, masih dijumpai masyarakat yang nekat menggunakan kendaraan bermotor dan menerobos lokasi Car Free Day Pati.

“Masih ada masyarakat yang menerobos, baik dari pengunjung Car Free Day sendiri, atau pengendara yang melintas. Jadi memang perlu kita evaluasi terus. Ternyata masih ada orang yang nekat menerobos dan belum paham arti hari bebas kendaraan,” jelasnya.

Car Free Day Pati, Nikmati Secangkir Kopi sambil Nonton Lingkar TV

Sebagai tindak lanjut, ke depan pihaknya akan memperketat penjagaan kawasan Car Free Day Pati. “Akan lebih kita perketat lagi penjagaannya nanti di tiap-tiap jalan atau pun tiap-tiap gang,” tegasnya.

Menurutnya, alasan pengguna yang masih menerobos karena mereka rumahnya berada di kawasan Car Free Day Pati. Oleh karena itu, untuk saat ini pihaknya masih memaklumi kejadian tersebut.

“Untuk alasannya sendiri, pengguna kendaraan rumahnya di daerah situ sendiri. Nanti juga mereka akan terbiasa dengan penutupan jalan tiap Car Free Day, sehingga bisa mengantisipasi ketika mereka akan melewati jalan di situ atau keluar rumah, dan masyarakat mungkin baru dua kali jadi masih belum terbiasa, nanti lama kelamaan juga akan terbiasa kok,” jelasnya.

Dari hasil pantauan Lingkar Media Group di lokasi Car Free Day Pati, terlihat penambahan volume masyarakat yang datang ke kawasan CFD. Animo masyarakat sangat tinggi untuk terlibat langsung. Oleh karena itu, DLH Pati menambahkan beberapa stan untuk menemani kegiatan masyarakat yang sedang olahraga dan rekreasi.

“Setiap dinas (OPD) kita agendakan minimal dua kali buka stan, kita gilir. Kemudian yang stan tetap ‘kan itu ada Arpus dan Dukcapil. Nah ini ‘kan setiap Car Free Day mereka manfaatkan kesempatan itu. Untuk yang lain kita gilir. Kemudian dari SMP yang kemarin belum ada, sekarang sudah ada, nah nanti akan terus kami gilir agar semua kebagian buka stan saat Car Free Day,” tuturnya. (Lingkar Network | Ika Tamara Dewi – Koran Lingkar)

Exit mobile version