Diskominfo Pati Dorong Bappeda dan DPUTR Tersambung ke Simpul Jaringan Nasional

Diskominfo-Pati-Dorong-Bappeda-dan-DPUTR-Tersambung-ke-Simpul-Jaringan-Nasional

POTRET: Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto saat memimpin pertemuan dengan mengundang Badan Informasi Geospasial (BIG) secara hybrid. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto mendorong Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUTR) agar tersambung ke simpul jaringan nasional.

Ratri mengatakan, tersambungnya kedua OPD tersebut yang bergerak di bidang pembangunan akan sangat bermanfaat dalam mencontoh pembangunan nasional.

Ia menjelaskan, sebagai bentuk keseriusan Diskominfo Pati dalam mewujudkan tersambungnya ke simpul jaringan nasional, telah diadakan pertemuan dengan mengundang Badan Informasi Geospasial (BIG), beberapa waktu lalu.

“Untuk mewujudkan ini, kami juga pernah melaksanakan koordinasi pengelolaan data geospasial secara hybrid. Kami undang BIG untuk memberikan arahan terkait hal-hal apa saja yang perlu dilengkapi agar Kabupaten Pati dapat tersambung dengan simpul jaringan nasional,” kata Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto.

Tranformasi Menuju E-Government, Diskominfo Pati Tingkatkan Implementasi Smart City

Apalagi, tambahnya, Kabupaten Pati saat ini sudah memiliki website pengelolaan data spasial yang dikelola oleh DPUTR yakni sipetarung.patikab.go.id.

Namun, yang disayangkan oleh Ratri adalah website tersebut belum tersambung secara nasional. Sehingga pihaknya harus turut andil untuk membantu.

Dikatakan, jika website tersebut benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, Ratri yakin dalam mengambil kebijakan khususnya di bidang pembangunan daerah, baik itu Bappeda maupun DPUTR akan menghasilkan output pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat Pati.

“Aliran atau input data yang bagus tentu akan menghasilkan pengambilan kebijakan, khususnya pembangunan yang bagus pula,” tandasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version